NCC 2024

Peringatan HUT ke-78 TNI, Unjuk Keterampilan dan Kesiapan Alutsista untuk Menjaga NKRI

Jakarta, Businessnews.co.id –  Peringatan HUT ke-78 Tentara Nasional Indonesia (TNI) di Monumen Nasional, bukan hanya menjadi acara perayaan, tetapi juga menjadi kesempatan bagi pasukan TNI untuk menunjukkan keterampilan mereka dan kesiapan alat utama sistem persenjataan (alutsista) dalam menjaga kedaulatan dan integritas wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Lebih dari 4.630 prajurit TNI berpartisipasi dalam Upacara Parade dan Defile HUT ke-78 TNI yang dilaksanakan.

Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, dan tamu kehormatan lainnya menyaksikan lebih dari 100 alutsista yang berparade di pelataran Monas. Acara peringatan dimulai dengan upacara yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo sebagai inspektur upacara.

Dalam amanatnya, Presiden Jokowi mengucapkan selamat ulang tahun ke-78 kepada TNI atas dedikasi, keberanian, dan pengabdian mereka dalam menjaga pertahanan negara dan melindungi NKRI, Pancasila, dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

“Atas nama rakyat, bangsa, dan negara; saya mengucapkan selamat hari ulang tahun ke-78 kepada TNI di mana pun saudara-saudara bertugas dan terima kasih atas dedikasi, atas keberanian, profesionalisme, pengabdian seluruh anggota TNI yang menjadi benteng terdepan pertahanan negara, yang menjadi kekuatan pelindung rakyat, yang menjadi perisai penjaga NKRI, Pancasila, dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945,” kata Jokowi dalam amanatnya saat Upacara Parade dan Defile HUT ke-78 TNI di Monas, Jakarta, Kamis (05/10/23).

Selain parade, peringatan HUT ke-78 TNI juga menampilkan unjuk kemampuan prajurit TNI dengan melakukan terjun payung dari langit Monas. Sebanyak 78 prajurit TNI dan anggota Polri, termasuk prajurit wanita dari tiga matra TNI, turut serta dalam aksi terjun payung ini. Setelah mendarat, peringatan HUT TNI dilanjutkan dengan pertunjukan flypast, yang melibatkan 91 alutsista udara TNI, termasuk pesawat baru seperti C-130 J Super Hercules dan pesawat latih G-36 Bonanza TNI Angkatan Laut.

Tim penerbang Jupiter Aerobatic Team (JAT) TNI AU dan Tim Dynamic Pegasus TNI AU menampilkan atraksi teatrikal saat flypast di Monas. Ada juga pertunjukan marching band, parade senapan oleh 678 prajurit, serta parade alutsista darat, seperti kendaraan tempur, kendaraan taktis, sistem senjata, pesawat nirawak (drone), rudal, dan alutsista buatan dalam negeri dalam rangkaian peringatan HUT ke-78 TNI ini.

Comments are closed.