NCC 2024

PTBA Mengoperasikan Hybrid Dump Truck dan Kendaraan Bus Listrik untuk Kurangi Emisi

Jakarta, Businessnews.co.id – PT Bukit Asam Tbk (PTBA), Bagian dari Holding Industri Pertambangan MIND ID, Menerapkan Praktik Pertambangan Ramah Lingkungan dengan Langkah-langkah Dekarbonisasi

Salah satu upaya yang dilakukan oleh PTBA adalah penerapan Eco Mechanized Mining yang melibatkan pergantian peralatan pertambangan dari yang menggunakan bahan bakar fosil menjadi listrik. Saat ini, PTBA telah memasukkan dalam operasinya 7 unit Shovel Listrik (PC3000-6E), 40 unit Hybrid Dump Truck (Belaz-75135), dan 6 Pompa Tambang berbasis listrik.

Penerapan peralatan tambang berbasis listrik ini membawa penghematan sekitar 7 juta liter bahan bakar minyak (BBM) jenis diesel setiap tahunnya dan mengurangi emisi sebesar 19.777 ton CO2 setara.

“Dalam mengoperasikan bisnis, PTBA berkomitmen untuk menjaga keberlanjutan lingkungan serta memberikan dampak positif kepada masyarakat. Sesuai visi kami untuk menjadi perusahaan energi berkelas dunia yang juga peduli lingkungan, serta mendukung Pemerintah mencapai target Net Zero Emisi pada tahun 2060 atau lebih awal,” ungkap Direktur Utama PT Bukit Asam Tbk (PTBA), Arsal Ismail.

Selain itu, PTBA juga sudah menjalankan 5 unit bus listrik di Pelabuhan Tarahan dan 10 unit bus listrik di Unit Pertambangan Tanjung Enim. Jumlah total bus listrik yang telah dioperasikan oleh PTBA mencapai 15 unit.

Penerapan bus listrik ini menghasilkan pengurangan emisi sekitar 16 ton CO2 per tahun per bus dan mengurangi konsumsi bahan bakar minyak (BBM) sekitar 9.672 liter per tahun per bus.

Selain fokus pada penggunaan kendaraan dan alat tambang berbasis listrik, PTBA juga aktif melaksanakan berbagai program lain untuk mengurangi emisi karbon, termasuk reklamasi lahan, penggantian bahan ozon merusak dengan alternatif yang ramah lingkungan, Pilot Project Cofiring PLTU Mulut Tambang di Sumatera Selatan, dan inisiatif lainnya.

“Program-program dekarbonisasi akan terus dilaksanakan dan dikembangkan secara berkelanjutan di setiap lini perusahaan untuk memberikan hasil yang optimal,” jelas Arsal.

Comments are closed.