NCC 2024

Kominfo Gandeng Asioti Dorong Solusi IoT

Jakarta, Businessnews.co.id –  Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mendukung penerapan teknologi Internet of Things (IoT) di Indonesia dengan menggandeng Asosiasi IoT Indonesia (Asioti) dalam acara Indonesia Smart Solutions Summit (ISSS) 2023. Pada kesempatan ini, Kementerian Kominfo menantang para inovator untuk menciptakan solusi berbasis IoT.

Dirjen Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kementerian Kominfo, Ismail menyatakan bahwa selama lima tahun terakhir, Kominfo telah berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk membangun ekosistem IoT di Indonesia. Melalui ISSS 2023, Kementerian Kominfo berharap dapat mempercepat pertumbuhan ekosistem IoT di era digital. Tujuannya adalah agar produk-produk berbasis teknologi karya anak bangsa dapat terus berkembang dan mampu bersaing secara global.

Ketua Umum Asioti, Teguh Prasetya menyatakan bahwa ISSS akan menghadirkan seluruh pemangku kepentingan dan ekosistem IoT untuk mengadopsi solusi pintar berbasis IoT, cloud, dan artificial intelligence (AIoT) yang lebih dalam lagi. Hal ini bertujuan untuk menjadi bagian dari solusi dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia.

Sebelumnya, pengembangan IoT di Indonesia telah mengalami tahap pengenalan, sosialisasi, dan edukasi pada tahun pertama, dilanjutkan dengan kompetisi dan pembuatan standarisasi untuk berbagai level, mulai dari pemula hingga engineer IoT.

Indonesia Smart Solutions Summit 2023 akan diselenggarakan pada tanggal 1 November 2023. Acara ini merupakan forum bersama untuk mendorong pengembangan dan implementasi teknologi IoT yang terintegrasi dengan solusi pintar berbasis AI di berbagai bidang, seperti ritel (smart home, gedung, dan gudang), kesehatan (perawatan kesehatan dan perangkat wearable), serta transportasi dan logistik.

Untuk memperkenalkan acara tersebut, rangkaian kegiatan Road to Indonesia Smart Solutions Summit 2023 akan diadakan di tiga kota besar, yaitu Semarang, Bandung, dan Malang.

Comments are closed.