NCC 2024

Terang Benderang! PLN Sediakan 988 Sambungan Listrik Gratis untuk Warga Jember

Jakarta, Businessnews.co.id –  PT PLN (Persero) telah memberikan bantuan sambungan listrik secara gratis kepada 988 keluarga pra sejahtera di Kabupaten Jember, Jawa Timur, melalui Program Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL).

Direktur Pembina Program Ketenagalistrikan Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan, Wanhar menyatakan bahwa pemerintah akan terus melanjutkan program BPBL untuk masyarakat pra sejahtera, terutama di wilayah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (3T).

“Pada tahun 2023 ini, program BPBL akan menyasar 125 ribu rumah tangga di seluruh Indonesia,” ungkap Wanhar dalam siaran pers, Rabu (26/7).

“Untuk Provinsi Jawa Timur rencananya akan mendapat alokasi sebesar 22.850 rumah tangga penerima BPBL pada 2023,” sambungnya.

Calon penerima BPBL adalah warga yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), berada di wilayah 3T, dan telah divalidasi oleh kepala desa setempat. Pada tahun 2022, program ini berhasil terealisasi sebesar 100,2%, menjangkau 80.183 rumah tangga, berkat kolaborasi dan dukungan penuh dari PLN.

Direktur Utama PT PLN (Persero), Darmawan Prasodjo, menyatakan bahwa program BPBL merupakan bukti komitmen PLN dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat melalui penyediaan listrik. Program ini juga merupakan upaya PLN untuk mewujudkan sila ke-5 Pancasila, yaitu Keadilan Sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, terutama dalam hal pemerataan listrik.

Program BPBL memberikan bantuan pemasangan listrik gratis kepada setiap penerima, termasuk tiga titik lampu dan 1 kotak kontak. Selain itu, petugas juga melakukan pemeriksaan dan pengujian instalasi Sertifikat Laik Operasi (SLO) serta memberikan token listrik perdana senilai Rp 100 ribu.

Program ini juga bertujuan untuk mencapai target rasio elektrifikasi sebesar 100 persen pada tahun 2024. Saat ini, rasio elektrifikasi nasional telah mencapai angka 97,68 persen hingga Semester I 2023, sedangkan di Provinsi Jawa Timur mencapai 99,57 persen.

PLN juga memiliki program lain, yaitu Light Up The Dream, yang memberikan bantuan penyambungan listrik gratis kepada masyarakat kurang mampu. Program ini didanai oleh donasi dari pegawai PLN.

Semoga program-program ini dapat terus berjalan di masa mendatang untuk terus meningkatkan pemerataan listrik, demikian disampaikan oleh Direktur Retail dan Niaga PT PLN (Persero), Edi Srimulyanti.

Comments are closed.