NCC 2024

Pemerintah Optimis Capai Target Penurunan Kemiskinan Ekstrem 0% pada 2024

Jakarta, Businessnews.co.idBerdasarkan laporan Badan Pusat Statistik (BPS), tingkat kemiskinan ekstrem di Indonesia turun menjadi 1,12% pada bulan Maret 2023.

Menyikapi hal ini, Staf Khusus Presiden yang juga Ketua Pelaksana Satuan Tugas Konvergensi Program Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem, Arief Budimanta menyatakan optimis bahwa target penurunan kemiskinan ekstrem menjadi 0% pada tahun 2024 dapat tercapai.

Arief menjelaskan bahwa optimisme tersebut didukung oleh komitmen kuat dari Presiden yang tertuang dalam Inpres 4 tahun 2022 tentang Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem, serta berbagai program dan kegiatan yang telah dan terus dilakukan.

Ia menuturkan bahwa penurunan angka kemiskinan ekstrem telah menjadi fokus sejak tahun 2019, dimana angkanya berada pada sekitar 3,71%. Namun, angka tersebut meningkat menjadi 3,85% pada tahun 2020 akibat pandemi. Berkat upaya yang dilakukan, angka kemiskinan ekstrem dapat kembali diturunkan menjadi 2,14% pada tahun 2021, dan terus menurun menjadi 2,04% dan 1,74% pada Maret dan September 2022, hingga mencapai 1,12% pada Maret 2023 menurut data dari BPS.

Meskipun demikian, Arief menyadari bahwa target penurunan kemiskinan ekstrem menjadi 0% pada tahun 2024 bukanlah tugas yang mudah. Oleh karena itu, dibutuhkan dukungan dari berbagai pihak, termasuk kementerian/lembaga, Pemerintah Daerah (Pemda), BUMN, BUMD, perusahaan swasta, dan pihak lainnya.

Pemerintah sendiri telah menetapkan tiga strategi pendekatan untuk mencapai target tersebut, yaitu mengurangi beban pengeluaran masyarakat miskin ekstrem, meningkatkan pendapatan, dan mengurangi jumlah orang yang berada dalam kondisi ekstrem miskin.

“Sehingga siapa pun dapat turut berperan sesuai dengan bidang kemampuannya untuk melakukan upaya-upaya tersebut,” tegasnya.

Arief menyatakan bahwa dengan dukungan dari berbagai pihak yang melibatkan diri sesuai dengan bidang kemampuan masing-masing, ia yakin bahwa impian menjadikan kemiskinan ekstrem menjadi 0% pada tahun 2024 adalah hal yang dapat dicapai (achieveable).

Comments are closed.