NCC 2024

Wamenkeu Minta Jajaran Kemenkeu Internalisasikan Nilai-Nilai Kemenkeu dan Core Values ASN

Jakarta, Businessnews.co.id – Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Suahasil Nazara meminta kepada seluruh pegawai untuk menginternalisasikan nilai-nilai Kementerian Keuangan dan core values ASN di dalam lingkungan kerja dan lingkungan sosial.

“Menginternalisasi (nilai-nilai) di dalam diri kita sebagai ASN Kementerian Keuangan itu adalah sesuatu yang kemudian harus menjadi tujuan kita dan idealnya terjadi secara alamiah,” ujar Wamenkeu saat menyampaikan keynote speech Seminar Digital Kemenkeu Corporate University Talk (KCT) berjudul “Kemenkeu Corpu Talk: Kemenkeu Satu, Santun Berbudaya” yang diselenggarakan di Aula Mezzanine Kemenkeu, Selasa (09/05) dikutip dari laman resmi kemenkeu.

Wamenkeu menginginkan core values ASN yang sangat relevan dengan nilai-nilai Kementerian Keuangan tersebut betul-betul diinternalisasikan ke dalam diri seluruh pegawai sehingga mampu mencerminkan perilaku dan budaya organisasi.

“Ketika kita internalisasikan di dalam diri kita sebagai ASN satu per satu, maka nanti akan tercermin di dalam organisasi kita sebagai suatu bentuk budaya dan perilaku organisasinya,” kata Wamenkeu.

Dalam kesempatan tersebut, Wamenkeu juga meminta Dialog Kinerja Organisasi (DKO) menjadi management tools yang digunakan untuk mengecek kinerja dan budaya organisasi Kemenkeu.

“Saya merasa ini (DKO) adalah management tools yang luar biasa dan harus betul-betul teman-teman maknai. Saya rasa di Kementerian Keuangan kita enggak kurang-kurang memiliki manajemen tools. Kita perlu giatkan dan perlu benar-benar pakai,” ujar Wamenkeu.

Wamenkeu mengajak seluruh jajaran Kemenkeu untuk menginternalisasikan nilai-nilai Kementerian Keuangan dan core values ASN dengan memanfaatkan DKO sebagai management tools dalam mengukur budaya organisasi.

“Saya minta komitmen Anda, tekad Anda menjadi tugas kita bersama meng-amplify budaya organisasi kita. Bukan cuma sekedar hafal, bukan cuma sekedar baca KMK-nya, tapi menginternalisasi nilai-nilai tersebut dan memunculkan nilai-nilai tersebut di dalam pekerjaan dan kehidupan kita sehari hari,” ujar Wamenkeu.

Untuk itu, Wamenkeu mengapresiasi seminar yang diselenggarakan Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (BPPK) sebagai upaya untuk meningkatkan awareness pegawai terkait penguatan budaya organisasi.

“Saya senang bahwa kita bisa punya acara Corpu Talk seperti ini dan menjadi ajang kita untuk menyampaikan beberapa hal yang perlu mendapat perhatian. Memang tentang budaya (organisasi) ini harus digaungkan terus,” kata Wamenkeu.

Comments are closed.