NCC 2024

Kontribusi BUMN Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi

Jakarta, Businessnews.co.id – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir mengajak semua pihak untuk menjaga keberlangsung program pembangunan yang telah dan sedang berjalan.

Hal itu disampaikan Erick saat berbicara dalam diskusi rilis hasil survei Lembaga Survey LSI bertajuk “Kinerja Presiden, Pencabutan PPKM, Ketersediaan bahan Pokok dan BBM, serta Peta Politik Terkini” pada Ahad (22/1/2023).

Erick Thohir juga mengatakan, perbaikan kondisi ekonomi nasional terus terjadi, bahkan di tengah pandemi Covid-19 dan ancaman resesi global. Itu sebab, Erick mengajak semua pihak menjaga keberlangsungannya.

“Jangan karena ganti pemerintah, ganti pemimpin, kebijakannya ganti lagi, padahal kalau kita lihat setiap presiden kita meninggalkan legacy yang bagus,” ungkap Erick Thahir ditulis Senin (30/01/2023).

Erick juga menambahkan bahwa, terlepas dari perbedaan politik dan perbedaan persepsi, kita harus tetap membangun sebuah perbaikan program dengan tuntas, melanjutkan program yang berjalan dengan baik dan diperbaiki yang kurang. Jangan bongkar pasang yang justru merugikan rakyat karena tidak adanya keberlanjutan.

Tak hanya itu, Erick Thohir menyampaikan sejumlah indikator perbaikan ekonomi nasional saat ini. Di antaranya, proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2023 diperkirakan berada pada urutan kedua setelah India dengan proyeksi pertumbuhan 5 persen. Selain itu, realisasi  investasi 2022 mencapai 100,6 persen dengan realiasi Rp 1.207,2 triliun,  dari target Rp 1.200 triliun.

Menariknya, kata Erick, realisasi investasi yang tadinya didominasi oleh Pulau Jawa sekarang sudah shifting banyak yang di luar Pulau Jawa sampai 53 persen, sementara Pulau Jawa sebesar Rp 46,9 persen.

Hal lain kontribusi BUMN terhadap ekonomi nasional juga terus meningkat dalam tiga tahun terakhir, mencapai Rp 1.198 triliun atau naik dibandingkan periode 2017 hingga 2019 yang sebesar Rp 1.130 triliun.

Meningkatnya kontribusi BUMN terhadap perekonomian nasional tak terlepas dari transformasi BUMN yang dilakukan Erick dengan mengedepankan perbaikan manajemen dan sistem, juga penegakan hukum atas kasus-kasus korupsi.

Comments are closed.