NCC 2024

PT Hutama Karya Kebut Proyek, Tol Padang-Sicincin Targetkan beroperasi 2021

BusinessNews Indonesia – Meskipun di tengah pandemi, PT Hutama Karya (Persero) terus kebut proyek tol Padang-Sicincin agar bisa beroperasi akhir 2021. Tol yang jaraknya 30.4 km ini merupakan bagian dari ruas tol Padang-Pekanbaru Seksi I, jalur tol trans Sumatera.

Jalan tol Padang-Pekanbaru ini memiliki nilai investasi Rp 78 triliun yang ditandatangani saat Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol tanggal 11 Oktober 2017. Nantinya, tol Padang-Pekanbaru ini diharapkan mampu memangkas jarak tempuh yang sebelumnya menghabiskan 9 jam menjadi 3-4 jam saja.

Untuk pembangunan tol Padang-Sicincin sendiri telah dimulai sejak Februari 2018 dan saat ini progres fisiknya mencapai 20,49%. Dikutip dari detik finance, cepat lambatnya pembangunan jalan tol ini juga terpengaruh dari tahapan pembebasan lahannya.

Sementara dari sisi Pekanbaru, pembangunan telah dimulai dari ruas tol Pekanbaru-Bangkinang sepanjang 40 km dengan progres fisik saat ini mencapai 20%.

Adapun Panjang total jalan tol Padang-Pekanbaru yaitu 254 km dan terbagi menjadi enam seksi, yaitu Seksi I Padang-Sicincin, Seksi II Sicincin-Bukittinggi, seksi III Bukittinggi-Payakumbuh, Seksi IV Payakumbuh-Pangkalan, seksi V Pangkalan-Bangkinang, dan seksi VI Bangkinang -Pekanbaru. Total keseluruhan ruas Tol Padang-Pekanbaru ditargetkan beroperasi pada tahun 2025.

Harapannya dengan pengebutan pembangunan ini, konektivitas antara Provinsi Riau dengan Sumatera Barat akan meningkatkan. Sehingga ekonomi daerah, khususnya pada bidang pertanian, industri, dan pariwisata juga terdongkrak setelah tol beroperasi. (ed.ZA/bussnews.id/detik)

Comments are closed.