NCC 2024

Siap Jadi The Best Mortgage Bank di Asia Tenggara, BTN Sabet Empat Penghargaan Human Capital & Performance Award 2022

Jakarta,BusinessNews Indonesia – PT Bank Tabungan Negara (Persero), Tbk. atau Bank BTN berhasil menerima penghargaan Human Capital & Performance Award 2022 yang diselenggarakan oleh Majalah BusinessNews Indonesia di Ballroom Hotel The Westin Jakarta, Rabu (30/11). Penghargaan tersebut diberikan atas keberhasilannya menyokong Sumber Daya Manusia (SDM) dengan berbagai adaptasi kebiasaan baru yang dijadikan sebuah budaya perusahaan, khususnya dengan digitalisasi.

Acara yang diadakan oleh Majalah BusinessNews Indonesia tersebut bekerjasama dengan Forum Human Capital Indonesia (FHCI), Indonesian Institute For Corporate Directorship (IICD), Indonesian Institute for Public Governance (IIPG), Human Capital Institute – USA, Universitas Indonesia (UI), Universitas Bina Nusantara (BINUS) yang bertema Human Capital Digital Transformation for Corporate Excellence”.

PT Bank Tabungan Negara (Persero), Tbk. berhasil meraih empat penghargaan diantaranya, The Best Human Capital Team Of The Year, The Best Learning And Development Strategy 2022 (Construction Industries), The Best Human Capital Director Of The Year yang diraih oleh Director Human Capital, Compliance, & Legal BTN, Eko Waluyo dan The Best Chief Executive Officer Of The Year oleh Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara (Persero), Tbk., Haru Koesmahargyo dengan 5 Star Gold.

Pada kesempatan sebelumnya, Direktur Human Capital, Compliance & Legal BTN, Eko Waluyo menjelaskan bahwa BTN sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang jasa keuangan perbankan memiliki visi “Menjadi The Best Mortgage Bank di Asia Tenggara pada tahun 2025”.

Demi mewujudkan visi tersebut, BTN terus meningkatkan kualitas sumber daya manusia serta strategi bisnis untuk mendukung visi tersebut.

“Selama dua tahun terakhir ini kami merubah strategi bisnis kami, kami meningkatkan branch operating model untuk pertumbuhan low-cost deposit dengan mengoptimalkan footprint dan membangun customer ownership secara menyeluruh,” ujar Eko Waluyo dalam penjurian Human Capital & Performance Award 2022 yang dilakukan secara online, Selasa (01/11).

Untuk memperkuat strategi bisnis yang dilakukan, BTN juga memperhatikan tantangan yang dihadapi. Eko mengatakan terdapat 5 fokus inisiatif strategis yang dijalankan oleh BTN.

“Yang pertama Fokus pada KPR Subsidi, Fixed Income dan membangun ekosistem perumahan digital, yang kedua meningkatkan CASA dan fokus pada peningkatan DPK Ritel, yang ketiga mempercepat penyelesaian NPL dan perbaikan proses perkreditan, yang keempat memperkuat permodalan dan partnership untuk mengembangkan bisnis, serta yang kelima melakukan sentralisasi operasional di cabang untuk efisiensi dan fokus cabang ke sales,” kata Eko.

Eko juga mengatakan, dalam mendukung operasional bisnis End to End Mortgage Ecosystem, BTN melakukan transformasi digital di sepanjang supply chain perumahan untuk meningkatkan value preposition BTN dalam ekosistem bisnis perumahan.

“Dalam rangka mendukung Visi Bank BTN sebagai Best Mortgage Bank di Asia Tenggara pada 2025 dan Visi HC sebagai One Of Home Of Indonesia’s Best Talent, BTN juga menyusun Strategy Human Capital dalam rangka mendukung pencapaian bisnis perusahaan,” lanjut Eko.

Selain itu, untuk mencapai visi BTN, Eko mengatakan BTN mengimplementasikan budaya yang dilandaskan pada empat pilar budaya yang berlandaskan pada budaya AKHLAK.

“Empat pilar budaya itu adalah tambah tumbuh dan memenuhi harapan pelanggan, bersih dan terpercaya, berkinerja unggul, dan terus belajar,” ujar Eko.

BTN juga membentuk SO Budaya dan juga Culture Awards Bank BTN untuk mengimplementasikan konkret budaya AKHLAK.

BTN memberikan peluang seluas-luasnya pada generasi muda dan talent perempuan untuk mengisi jabatan-jabatan strategis Bank pada BOD-1 dan BOD-2 (L1 dan L2). Eko menyebut, untuk talent perempuan berjumlah 18,6% sedangkan talent millenials berjumlah 22,63%.

Sebagai informasi, Human Capital & Performance Award 2022 diadakan oleh Majalah BusinessNews Indonesia dan bekerjasama dengan Forum Human Capital Indonesia (FHCI), CEO Forum, Human Capital Institute – USA, serta para pakar dan profesional bidang Human Capital, Strategic Management, ICT, Riset & Inovasi konsultan HC dari Universitas Indonesia (UI), Universitas Bina Nusantara (BINUS), Universitas Pertamina dan lainnya.

Comments are closed.