NCC 2024

Sukses Ciptakan Culture dan Human Capital yang Agile, KAI Borong Tiga Penghargaan Human Capital & Performance Award 2022

Jakarta,BusinessNews Indonesia PT Kereta Api Indonesia (KAI) Persero berhasil mendapatkan tiga penghargaan dalam acara bergengsi Human Capital & Performance Award 2022 yang diselenggarakan oleh Majalah BusinessNews Indonesia bekerjasama bekerjasama dengan Forum Human Capital Indonesia (FHCI), Indonesian Institute For Corporatse Directorship (IICD), Indonesian Institute for Public Governance (IIPG), Human Capital Institute – USA, Universitas Indonesia (UI), dan Universitas Bina Nusantara (BINUS).

Tiga penghargaan yang sukses diraih PT Kereta Api Indonesia (KAI) adalah The Best Human Capital Team Of The Year (Transportation Industries), The Best Human Capital Future Leader Of The Year yang diraih oleh Corporate Deputy Director of Personnel Care, Control & Development PT KAI, Ida Hidayati dan The Best Chief Executive Officer Of The Year oleh Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia, Didik Hartantyo dengan peringkat 5 Star Silver.

Pada sesi penjurian PT KAI menejelaskan mengenai strategi dan kebijakan PT Kereta Api Indonesia (KAI) Persero dalam menghadapi tantangan globalisasi.

Meski mendapat kemerosotan pendapatan saat masa Pandemi. Namun, PT KAI tetap mengedepankan pelayanan untuk kenyamann pelanggan sehingga saat ini PT KAI mampu bangkit dan terus melakukan transformasi pada sektor bisnisnya.

Keberhasilan PT KAI tersebut tercermin melalui lima strategi utama untuk mencapai ketahanan dan pemulihan.

  1. Protect the People

Melindungi semua pegawai KAI serta pelanggan dengan menciptakan lingkungan kerja dan angkutan penumpang sesuai protokol kesehatan serta tidak melakukan PHK kepada Karyawan.

  1. Maintaining Liquidity & Solvency

Dengan melakukan pengendalian arus kas secara ketat. Adanya dana PEN sebesar Rp 3.5 Triliun sangat signifikan dalam membantu likuiditas dan solvabilitas perusahaan.

  1. Efficiency through Cost reduction & Reprioritization

Efisiensi, reprioritisasi anggaran dan pengurangan biaya, dengan fokus mengalokasikan dana untuk membiayai core activities yang penting bagi kelangsungan operasional perusahaan, program penanggulangan pandemi, dan penugasan strategis.

  1. Optimizing Revenue Streams

mengoptimalkan sumber-sumber pendapatan untuk mengatasi penurunan pendapatan yang sangat signifikan dari angkutan penumpang selama pandemi, misalnya peningkatan angkutan batubara, angkutan komoditas, dan optimalisasi asset.

  1. Stakeholder Management

Menjalin kerja sama dan komunikasi yang harmonis dengan para stakeholder agar tercipta suasana kerja yang aman, kondusif dan nyaman.

Strategi tersebut tidak lepas dari peran Human Capital perusahaan untuk mengelola Sumber Daya Manusia (SDM) di PT KAI secara efektif.

“Kami di Human Capital memiliki visi, yaitu KAI Grup sebagai tempat bekerja terbaik ( The Best Place to Work ) yang mendorong terciptanya pelayanan pelanggan excellent dan inovasi untuk mendukung pertumbuhan usaha yang sehat dan berkelanjutan,”ungkap Corporate Deputy Director of Personnel Care, Control & Development PT KAI, Ida Hidayati pada penjurian Human Capital & Performance Award 2022, Senin (21/11).

Untuk menjalankan proses bisnisnya, KAI akan terus berinovasi dan berusaha menjadi perusahaan yang dapat menyediakan sistem transportasi yang aman serta efisien bagi masyarakat Indonesia.

Selain itu, transformasi bisnis KAI diharapkan dapat menjadi solusi integrasi antar moda transportasi sehingga infrastruktur transportasi massal lebih menjangkau banyak kalangan. Hal tersebut dilakukan guna mendukung kemajuan pembangunan infrastruktur transportasi di Indonesia.

Comments are closed.