NCC 2024

Penjurian GRC and Perfomance Exellence Award 2020: Jasa Marga dan Inovasi Pelayanan Publik

BusinessNews Indonesia – PT Jasa Marga turut mengikuti ajang penjurian Governance,Risk and Compliance (GRC) and Performance Excellence Award  2020 secara virtual pada 16/07/20. Dalam penjurian tersebut, Agus Setyawan selaku sekretaris perusahaan (corporate secretary) memaparkan tentang profil dan perkembangan Jasa Marga dari masa ke masa.

Dalam presentasinya, Agus mengungkapkan jejak langkah Jasa Marga sebagai perusahaan yang berfokus kepada pengeloaan usaha, pemeliharaan, dan pengadaan jalan tol. Sehingga pada saat itu antara tahun 1978 sampai tahun 2004 Jasa Marga hanya menjadi regulator dari pemerntah. Kemudian di tahun-tahun berikutnya Jasa Marga merubah paradigma dari regulator menjadi investor dan operator yang sama-sama harus memenangkan tender.

Kemudian Risk and Quality Management Group Head Jasa Marga Bayu Nurbaya juga menjelaskan, bahwa penerapan tentang Good Corporate Governance (GCG) melalui self assesment tahun 2019 mencapai 98,06% dari skala 100%. Aspek penilaian mencakup komitmen terhadap penerapan tata kelola secara berkelanjutan, pemegang saham dan RUPS, Dewan Komisaris, Direksi, pengungkapan informasi dan transparansi, serta aspek lainnya.

Selain itu, Jasa Marga juga telah mengantongi ASEAN Corporate Governance Scorecard (ACGS) yang dilaksanakan oleh The Indonesian Institute For Corporate Directorship (IICD), yang menilai praktik CG bersadarkan ASEAN CG Score Card. Penilaian ini dilaksanakan pada tahun 2019 untuk menilai kinerja tahun 2018 yang didasarkan pada informasi publik. Skor ACGS yang diperoleh Jasa Marga tahun 2018 sebesar 100,82 meningkat dari tahun 2017 sebesar 89,98.

Selanjutnya, pada bidang Human Capital dan Transfomasi, Jasa Marga juga melakukan berbagai langkah penting, seperti reorganisasi sesuai strategi dan mode Jasa Marga, Program talent management sebagai komitmen manajemen dalam pengembangan karir karyawan, implementasi program alih profesi lanjutan di induk dan anak perusahaan, restrukturisasi organisasi corporate, standarisasi organisasi regional pada Grup Jasa Marga, Ground Breaking Laboratorium Internet of Think (IOT), rekruitment  jet roadster sebanyak 19 orang dan Office Development Program (ODP) sebanyak 43 orang.

Tidak hanya itu, Jasa Marga juga membuat sebuah aplikasi bernama Collaborative Learning In Completing Knowledge atau disingkat JM-Click. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kualitas karyawan Jasa Marga di tengah tantangan zaman seperti sekarang. Dalam aplikasi tersebut, karyawan dapat dengan mudah mengakses kuis-kuis yang berhubungan dengan Jasa Marga guna pembelajaran sekaligus dapat saling belajar bersama dengan karyawan lain.

Selama ini, sepanjang tahun 2019, Jasa Marga memiliki berbagai prestasi & inovasi di bidang GRC diantaranya; Penghargaan The Best Risk management Economic Review dengan peringkat pertama, penghargaan kategori GOLD AWARD 2019-Badan Standarisasi Nasional (BSN), penghargaan The Best Score KPKU 2019-BUMN Performance Excellent Award (BPEA), serta beberapa penghargaan lainnya.

Terakhir, Agus menjelaskan, ditengah pandemi Covid-19 ini, Jasa Marga sudah menerapkan protokol-protokol jaga jarak (social distancing) yang dicanangkan oleh pemerintah, yaitu dengan sistem pembayaran Cashless. Hal ini sudah dilakukan semenjak tahun 2017, “Jasa Marga seratus persen sudah menggunakan uang elektronik dan bermanfaat pada kondisi pandemi untuk menghindari penyebaran Covid19”, ungkap Agus Setyawan.

Hadir Sebagai dewan juri dalam acara GRC and Performance Excellence Award 2020 diantaranya; Ir. Irnanda Laksanawan, MSc Eng, MBA, PhD (Chairman For GRC & Performance Excellence Award 2020), Raharjo Satrio Unggul, SE (Risk Certification Board Committee/ Badan Sertifikasi Manajemen Risiko), Ir. Taufik Hakim, MSc, Dr. Ir. Haryono Soeparno, MSc (Associate Professor in Computer Science, School of Computer), Ir. Taufik Hakim, Msc (Risk Management and Compliance Director at PT Bank Banten Indonesia Tbk), dan Endro Gunawan, BSc, MSc (CEO Portege Cld Teknologi, IT Expert for Smart Corporate Information & Management System, and  Enterprise Resources Planning (ERP) Integrated IT & Database System). (Dessy)

Comments are closed.