NCC 2024

Jaga Konservasi Mangrove, PT Timah Tbk Berikan Pelatihan Budidaya Mangrove di Pulau Stunak

Jakarta, Businessnews Indonesia PT Timah Tbk memberikan pelatihan budidaya mangrove bagi masyarakat Pulau Stunak Kecamatan Selat Gelam, Kabupaten Karimun yang mayoritas berprofesi sebagai nelayan. Pulau Stunak dikelilingi oleh hamparan hutan mangrove yang asri dan masih alami. Seperti diketahui, Hutan Mangrove memiliki banyak manfaat untuk menjaga keseimbangan ekosistem.

Pelatihan budidaya mangrove ini merupakan upaya perusahaan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat Pulau Stunak agar dapat melestarikan mangrove.

Potensi mangrove yang dimiliki Pulau Stunak dapat dikembangkan untuk wisata mangrove yang menarik. Sehingga dapat berdampak pada masyarakat sekitar untuk konservasi mangrove.

Pelatihan budidaya mangrove yang dilakukan oleh PT Timah Tbk disambut antusias oleh masyarakat sekitar.

Kepala nelayan Pulau Stunak Apid mengatakan, dengan pelatihan ini mereka mendapatkan edukasi mengenai budidaya mangrove. Pasalnya, selama ini masyarakat sering memanfaatkan mangrove.

“Edukasi yang diberikan perusahaan sangat baik, selain diberikan pelatihan, kami juga diberikan edukasi mengenai manfaat mangrove sebagai pencegah abrasi,” ujarnya seperti dikutip dari laman resmi PT Timah Tbk.

Selain itu, mereka juga diajak untuk menjaga lingkungan mangrove agar tetap alami.

“Kami tidak hanya menebang atau mengeksploitasi, tetapi kami juga harus rela melakukan penanaman kembali, agar hutan mangrove di Pulau Stunak tetap terjaga,” tambahnya.

Lebih lanjut ia menyampaikan bahwa dari budidaya mangrove, nelayan juga akan mendapatkan nilai ekonomi bagi keluarganya.

“Jika bibit mangrove ini tersedia dengan baik, jika PT Timah Tbk atau masyarakat umum yang membutuhkan bibit untuk ditanam, bibit akan tersedia,” ujarnya.

Saat ini, pemerintah sedang gencar mengajak masyarakat menanam mangrove untuk mencapai net zero emisi pada tahun 2060 mendatang.

Selain itu, mangrove juga memiliki banyak manfaat untuk kehidupan yang berkelanjutan, seperti mencegah abrasi. Mangrove juga melindungi biota laut seperti ikan, kepiting, udang, dan kerang untuk berkembang biak dengan baik.

Buah mangrove juga bisa diolah menjadi minuman dan makanan ringan, yang tentunya bisa menjadi peluang bisnis bagi UMKM lokal untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Baca Juga : Menetas Di Pantai BIO PT Timah Tbk, Ratusan Anakan Tukik Hijau Dilepas Di Pulau Ketawai

Baca Juga : PT Timah Bersama BIN Babel Tingkatkan Pengawasan Produksi

Baca Juga : Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, PT Timah Tbk Tanam Pohon Cemara

Comments are closed.