NCC 2024

Erick Thohir Sebut BUMN Jadi Pemersatu dan Penyeimbang Ekonomi Indonesia

BusinessNews Indonesia –  Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memastikan BUMN saat ini berbeda dari yang dulu. Melalui transformasi dan inovasi BUMN saat ini menjadi pemersatu dan penyeimbang perekonomian di Indonesia.

“BUMN yang sekarang ini adalah kapal induk besar yang menyatukan semua yang ada di sini untuk membangun keseimbangan ekonomi,” ujar Erick Thohir lewat keterangan tertulisnya, Selasa (1/2).

Erick mengatakan Kementerian BUMN selaku pemegang sepertiga kekuatan ekonomi Indonesia, akan terus mendorong pertumbuhan iklim usaha. Bersamaan dengan itu, Erick Thohir juga memastikan pertumbuhan usaha beriringan dengan upaya penyejahteraan masyarakat.

“BUMN itu juga mendukung pertumbuhan bisnis untuk semua. Tapi BUMN memastikan juga harus menyejahterakan masyarakatnya,” ujar Erick.

Baca Juga : Erick Thohir Soroti Ketimpangan Ekonomi di Indonesia, Ini yang Terjadi!

Oleh karena itu, dia terus membuat sejumlah terobosan dengan melahirkan program dan kebijakan yang bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui UMKM. Melibatkan dan memberdayakan masyarakat melalui pendampingan serta memberikan kemudahan.

“Jadi sekarang pengadaan kebutuhan yang di bawah 400 Juta itu diperuntukkan UMKM, tapi harus UMKM yang terdaftar, pake digital, jadi terlihat beneran, gak bohongan UMKM-nya,” terang Erick Thohir.

Tak hanya itu, Ketum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) terus berinovasi untuk bisa menyejahterakan masyarakat melalui program dan kebijakan. Bahkan penyaluran KUR-Himbara untuk mendukung UMKM telah mencapai 92,37 persen (Rp281,86 triliun) sepanjang 2021.

Baca Juga : Erick Thohir : Indonesia akan Jadi Negara Ekonomi Terkuat Ke-4

Ada PNM-Mekaar, layanan permodalan berbasis kelompok yang diperuntukan bagi perempuan prasejahtera pelaku usaha dengan nasabah aktif menyentuh 11,1 juta pada akhir 2021. Serta program Makmur-Pupuk Indonesia yang telah memberdayakan 43.079 petani.

(TN)

Comments are closed.