NCC 2024

BKI Dukung Penerapan Keselamatan Pelayaran Transportasi Sungai

Businessnews Indonesia – PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero) atau BKI mendukung penerapan keselamatan dan keamanan pelayaran transportasi sungai dan danau. Komitmen ini ditegaskan Direktur Utama BKI Rudiyanto dalam webinar bertajuk “Konsolidasi Nasional Keselamatan dan Keamanan Pelayaran Transportasi Sungai dan Danau” yang digelar pada Selasa (25/1/2022).

Rudiyanto dalam kesempatan tersebut menekankan pentingnya sistem registrasi kapal. Ia mengatakan, dengan adanya sistem tersebut, basis data aktivitas kapal dapat diakses oleh pemerintah serta pemilik kapal. 

Dia mengatakan, saat ini kapal memang harus melakukan registrasi sesuai dengan klasifikasi berdasarkan kriteria. 

“Kriteria pertama kapal dengan ukuran panjang 20 meter atau lebih. Kedua, kapal dengan masing-masing sisi berukuran 100 cm atau lebih atau yang digerakkan dengan tenaga penggerak utama,” ujar Rudiyanto dalam keterangan tertulis, Rabu (26/1/2022).

Menurut Rudiyanto, BKI selaku induk holding BUMN jasa survei atau ID Survey akan selalu mendukung setiap kegiatan yang dilaksanakan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dalam penerapan keselamatan dan keamanan pelayaran transportasi sungai dan danau.

Dalam acara webinar tersebut, BKI juga menyerahkan secara simbolis 200 life jacket dan 50 life buoy atau pelampung untuk meningkatkan keselamatan dan keamanan pelayaran transportasi sungai dan danau. 

Selain itu, BKI ikut menandatangani deklarasi keselamatan dan keamanan pelayaran transportasi sungai dan danau. (AFZ)

Baca juga : Bulog Tidak Masuk Holding Pangan, Ini Kata Erick Thohir

Baca juga : Pesan Erick Thohir : Pelita Air Harus Terus Berinovasi dan Bertransformasi

Comments are closed.