NCC 2024

Melalui Rumah BUMN, BUMN Hadirkan Rumah Pengemasan Produk

BusinessNews Indonesia – Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) terus berupaya untuk mengembangkan para pelaku dan produk UMKM.

Staf Khusus Menteri BUMN, Arya Sinulingga mengatakan, dibutuhkan wadah untuk membentuk ekosistem melalui pembinaan UMKM.

Dengan demikian, kini telah hadir Rumah BUMN yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN. Rumah BUMN merupakan sebuah langkah kolaborasi BUMN dalam meningkatkan kapasitas dan kapabilitas UMKM.

Salah satunya, Rumah BUMN Pekanbaru tercatat telah mengelola 831 UMKM sejak tahun 2017.

Baca Juga : Lewat Rumah BUMN, Bank Mandiri Dorong UMKM Naik Kelas

Tak hanya memberikan pembinaan, Kementerian BUMN juga memberikan sejumlah bantuan berupa alat atau fasilitas untuk mendukung operasional UMKM.

Salah satu pelaku UMKM binaan Rumah BUMN di Pekanbaru yang memiliki usaha pengolahan makanan, meminta dukungan dalam hal pengemasan produk untuk meningkatkan branding produk tersebut.

Menjawab kebutuhan UMKM di Pekanbaru ini, Arya Sinulingga akan menyiapkan lokasi untuk pengepakan dengan harga yang lebih ekonomis.

“Saya kabulkan permintaan Ibu-Ibu untuk Pekanbaru memiliki tempat pengepakan sendiri,” ungkap Arya dalam keterangannya, Rabu (12/1).

“Ini sejalan dengan program Pak Erick Thohir yang memang punya rencana untuk punya tempat khusus untuk pengemasan” lanjutnya.

Baca Juga : Luncurkan “ID Food”, Holding BUMN Pangan Resmi Terbentuk

Selain itu, Rumah pengemasan ini akan membantu UMKM untuk menekan biaya usaha dan meningkatkan daya saing.

Sehingga produk UMKM dapat bersaing dengan produk lainnya.

Arya juga menyebutkan, Kementerian BUMN terus mendorong perluasan Rumah BUMN di Pekanbaru.

“Dengan jumlah UMKM binaan sebanyak ini dan program pendampingan UMKM yang juga banyak, kita perlu menambah kapasitas Rumah BUMN ini,” pungkas Arya. (TN)

Comments are closed.