NCC 2024

Wapres : Kampus Harus Perkuat Teknologi Digital!

Businessnews Indonesia – Seiring adanya disrupsi digital, ditambah terjadinya pandemi Covid-19 yang memberikan dampak pada bidang kesehatan, ekonomi, dan juga pendidikan, Wakil Presiden (Wapres) KH Ma’ruf Amin meminta lembaga pendidikan tinggi dapat memperkuat posisi melalui pemanfaatan teknologi digital.

“Dunia pendidikan juga telah terdisrupsi besar-besaran oleh edutech. Lembaga pendidikan tinggi mau tidak mau harus memperkuat posisinya sebagai edutech institutions dengan memanfaatkan teknologi digital,” kata Wapres saat memberikan orasi ilmiah pada acara Rapat Terbuka dan Dies Natalis Universitas Brawijaya ke-59 secara daring seperti dilansir Republika, Rabu (5/1/2022).

Menurut Wapres, walaupun pandemi Covid-19 memberikan beberapa dampak negatif, tetapi pandemi perlu mendorong masyarakat menemukan langkah-langkah inovatif sehingga dapat bermanfaat bagi masa depan bangsa. Pandemi secara bersama-sama atau terpisah dengan teknologi, telah membawa perubahan pada lanskap politik, ekonomi, dan sosial budaya. Selain itu, masyarakat telah dipaksa untuk mengikuti perkembangan teknologi yang pesat.

“Kita telah dipaksa untuk mengikuti perkembangan teknologi yang pesat,” kata Wapres.

Selain mendorong penguatan posisi lembaga pendidikan tinggi, Wapres juga menekankan pentingnya peranan perguruan tinggi untuk kepentingan Indonesia di kawasan ASEAN.

“Perguruan tinggi dapat memberikan pandangan dan rekomendasi terkait isu prioritas yang menjadi kepentingan Indonesia di Kawasan ASEAN, baik di bidang politik, ekonomi, dan sosial budaya,” kata Wapres. (AFZ)

Baca juga : Nataru Usai, Berikut Aturan Terbaru Naik Kereta Api

Comments are closed.