NCC 2024

Menkominfo Setujui Merger Indosat dan Tri

Businessnews Indonesia Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate, resmi memberikan persetujuan atas merger atau penggabungan PT Indosat Tbk dan PT Hutchison 3 Indonesia (Tri) menjadi PT Indosat Ooredoo Hutchison Tbk.

“Dengan diterbitkan Keputusan Menteri Kominfo Nomor 7 Tahun 2022, maka seluruh hak dan kewajiban PT Hutchison 3 Indonesia yang terkait dengan penyelenggaraan telekomunikasi beralih menjadi hak dan kewajiban PT Indosat Tbk,” kata Johnny saat konferensi pers di Jakarta, Selasa (4/1/2022).

Johnny menyatakan, hak dan kewajiban tersebut termasuk dan tidak terbatas kepada hak penggunaan penomoran telekomunikasi, kewajiban pembangunan jaringan dan jasa telekomunikasi, kewajiban menjamin keberlangsungan layanan kepada pelanggan, kerja sama dengan penyelenggara telekomunikasi lainnya.

Kewajiban pembayaran penerimaan negara bukan pajak berupa biaya hak penyelenggaraan telekomunikasi dan biaya hak penggunaan spektrum frekuensi radio, serta kontribusi kewajiban pelayanan universal atau universal service obligation.

Setelah merger, Johnny mengatakan bahwa PT Indosat Tbk wajib memenuhi sejumlah komitmen. Pertama, menambah jumlah site baru setidaknya sebanyak 11.400 site sampai tahun 2025 sehingga total jumlah site PT Indosat Tbk pada tahun tersebut menjadi 52.885.

Kedua, memperluas cakupan wilayah yang terlayani oleh layanan seluler paling sedikit sebanyak 7.660 desa dan kelurahan baru sampai dengan tahun 2025, sehingga total cakupan wilayah yang terlayani oleh Indosat setidaknya 59.538 desa dan kelurahan pada tahun tersebut.

Ketiga, meningkatkan kualitas layanan setidaknya 12,5 persen untuk download throughput dan 8 persen untuk upload throughput. (AFZ)

Baca juga : Sofyan Rohidi : Businessnews Sukses Gelar Ajang Bergengsi dalam Praktik Human Capital

Comments are closed.