Pupuk Indonesia Seragamkan Nama Produk Pupuk, Kenapa ?
BusinessNews Indonesia – PT Pupuk Indonesia (Persero) menyeragamkan produk retail urea dan NPK dengan nama baru, menjadi “Urea Nitrea” dan “NPK Phonska Plus 16-16-16”. Kedua nama ini diluncurkan guna memudahkan akses pelanggan terhadap produk ritel Pupuk Indonesia.
“Melalui penetapan kedua brand urea dan NPK ini, kami harap para pelanggan, khususnya petani, dapat semakin mudah memperoleh produk kami, terutama untuk produk retail dan komersil,” ujar Direktur Utama Pupuk Indonesia, Bakir Pasaman dalam keterangannya, Senin (27/12).
Saat ini, terdapat sekitar 100 varian produk urea dan NPK non subsidi yang dimiliki oleh Pupuk Indonesia Grup. Oleh karena itu dibutuhkan strategi pengelolaan nama produk yang dapat menjadi acuan dalam menentukan strategi perusahaan ke depan. Langkah ini penting untuk menghasilkan produk-produk yang berkualitas dan berdaya saing tinggi.
“Dan yang lebih penting, produk ini nantinya harus tersedia dan mudah didapatkan oleh masyarakat terutama yang membutuhkan pupuk non subsidi,” ungkap Bakir.
Penetapan kedua nama tersebut didasarkan karena Nitrea dan NPK Phonska Plus sudah cukup dikenal oleh masyarakat. Single branding ini akan memudahkan konsumen untuk mengidentifikasi produk pupuk yang saat ini masih diproduksi oleh kelima produsen pupuk dengan namanya masing-masing.
Baca Juga : Resmi di Rombak, Ini Jajaran Direksi Baru Pupuk Indonesia!
Nantinya, kemasan pun akan berubah. Namun, Pupuk Indonesia menjamin bahwa kualitas produk tetap sama, bahkan ke depan dapat ditingkatkan.
“Single branding ini juga bagian dari program transformasi bisnis Pupuk Indonesia yang berkomitmen untuk lebih fokus pada pelanggan,” ucap Bakir.
Dengan adanya single branding, sejumlah dampak dari multi brand diharapkan dapat tereliminasi. Dengan demikian nama dari produk yang dimiliki setiap anak perusahaan juga sudah saling terkonsolidasi. Loyalitas pelanggan terhadap Pupuk Indonesia grup pun dapat semakin meningkat.
“Biaya promosi pun dapat ditekan karena fokus terhadap satu brand saja”, jelas Bakir.
“Kami berharap dengan peluncuran single branding Phonska Plus dan Nitrea, Pupuk Indonesia grup dapat menjadi market leader baik di pasar domestic maupun internasional. Ke depan, kita harus berfikir untuk menciptakan produk single branding lainnya, serta memiliki standar kualitas produk yang sama,” tambahnya.
Baca Juga : Pupuk Indonesia Gelar Kompetisi Riset Pertanian 2021
Disamping itu, Urea Nitrea adalah produk urea retail non subsidi dengan kandungan nitrogen 46%, berwarna putih dengan bentuk prill dan granulasi. Manfaat utamanya adalah memasok unsur nitrogen yang sangat dibutuhkan tanaman terutama dalam pembentukan hijau daun. Sedangkan NPK Phonska Plus 16-16-16 adalah pupuk dengan kandungan Nitrogen, Phospor dan Kalium. Pupuk NPK sangat dibutuhkan untuk merangsang pertumbuhan buah, serta memperkuat batang dan akar. (TN)
Comments are closed.