NCC 2024

Iperindo Gandeng PAL Sinergi Lakukan Revitalisasi Armada TNI AL

BusinessNews Indonesia – Pelaku usaha galangan kapal yang tergabung dalam Industri Kapal dan Lepas Pantai Indonesia mendapatkan peluang besar untuk mengembangkan bisnisnya. Pasalnya, Iperindo mendapatkan tugas merevitalisasi armada TNI AL.

Ketua umum Iperindo Eddy Logam mengatakan bahwa ini merupakan momentum yang ditunggu tunggu selama hampir dua tahun. Program pembangunan dan perbaikan kapal yang transparan seperti ini yang diharapkan para pelaku usaha untuk membangkitkan industri galangan kapal nasional.

Dalam revitalisasi armada TNI AL, Iperindo akan berkolaborasi dengan PAL Indonesia (persero).

Melalui sinergi dapat tercipta pemerataan dan keadilan sekaligus menumbuhkan minat investor untuk menanamkan modalnya di sektor maritim.

“Proyek pembangunan dan pemeliharaan kapal HANKAM jangan lagi dikuasai segelintir perusahaan galangan, tapi harus dibuka secara transparan dan memberikan kesempatan hidup kepada semua galangan nasional yang mampu bekerja,” ujar Eddy, Jumat (24/12).

Sekjen Iperindo, Akan Naim menjelaskan revitalisasi 40 unit armada TNI AL melibatkan galangan swasta nasional yang dipimpin langsung PAL sebagai lead integratornya.

Perusahaan galangan kapal anggota Iperindo nantinya akan diseleksi oleh PAL.

Galangan yang lulus assesment akan menjadi mitra PAL untuk bersama-sama mengerjakan proyek revitalisasi armada milik TNI AL, meliputi, maintenance, repair, and overhaul.

Askan menambahkan bila rencana PAL terwujud, ini akan menjadi proyek percontohan, yakni kolaborasi antara kantor kementerian, BUMN, dan swasta.

“Dengan pola kerja yang inklusif ini, diharapkan industri maritim nasional bisa bangkit dari keterpurukan,” imbuh Akan. (TN)

Comments are closed.