NCC 2024

Kolaborasi Kimia Farma dan Smesco, Capai Transaksi Hingga Rp3 Miliar!

BusinessNews Indonesia Small and Medium Enterprises and Cooperatives (Smesco) Indonesia berkolaborasi dengan PT Kimia Farma (Persero) melalui program onboarding produk di gerai PT Kimia Farma. Berkat kolaborasinya, Kimia Farma dengan Smesco Indonesia menyatakan 40 usaha mikro kecil menengah (UMKM) sudah masuk ke dalam program onboarding produk tersebut.

Di antara 40 UMKM itu, sudah ada tujuh purchase order (PO) yang terealisasi dan 120 Stock Keeping Unit (SKU).

“Semuanya di dalam kategori herbal dan spa. Jumlah produknya sudah mencapai 30 ribu dan transaksinya Rp3 miliaran,” ucap Direktur Utama Smesco Indonesia Leonard Theosabrata dalam konferensi pers virtual, Jumat (10/12/2021).

Leonard menambahkan, dengan total UMKM yang baru puluhan ini, nilai transaksi bisa mencapai satu digit miliar. Oleh karena itu, dia berharap makin banyak UMKM yang bergabung ke depannya, maka jumlah nilai transaksi juga makin besar.

Baca Juga : Berkat Transformasi Digital, Kimia Farma Catatkan Kinerja Positif

“Kalau ini bisa menjadi ratusan outlet, artinya dia (transaksi) bisa jadi puluhan miliar. Kalau sudah ada ribuan outlet, saya harap (transaksi) bisa ratusan miliar. Karena kalau sudah mencapai ratusan miliar, itu yang menikmati semua dalah UMKM-nya,” ujarnya.

Namun, Leonard mengaku masih ada beberapa hambatan yang dihadapi dalam program ini, yaitu terkait sertifikasi. Pasalnya, sertifikasi BPOM merupakan kunci utama agar produk UMKM bisa dipasarkan secara luas. Ia berharap penyelesaian masalah sertifikasi ini nantinya bisa membantu 1.300 UMKM untuk memasarkan produk mereka di gerai Kimia Farma.

Baca Juga : Optimis, Kimia Farma Yakin Bisa Beri Kontribusi Positif di Semester II 2021

“Perizinan BPOM ini nanti akan menjadi salah satu langkah yang kita tindaklanjuti bersama kementerian kita berharap lebih banyak lagi UMKM yg tersertifikasi agar bisa masuk di dalam supply chain-nya Kimia Farma tersebut,” ucapnya.

Dalam hal ini, Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki mengatakan program kerja sama ini bertujuan untuk meningkatkan omzet penjualan UMKM. (TN)

Comments are closed.