Progres Fisik Infrastruktur IKN Tahap 1 Capai 74,87%, Sesuai Rencana Pemerintah

JAKARTA, businessnews.co.id – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyampaikan bahwa progres fisik pekerjaan infrastruktur dasar Ibu Kota Nusantara (IKN) Tahap 1, yang terdiri dari 40 paket, telah mencapai 74,87 persen per tanggal 15 Februari 2024.

“Progres pembangunan IKN Nusantara sesuai dengan rencana dari sisi jadwal pelaksanaan dan target yang telah ditetapkan pemerintah. Saya kira dari sisi waktu pelaksanaan dan target-target pekerjaan masih on schedule,” ujar Basuki di Jakarta pada Kamis (22/2/2024).

Pembangunan infrastruktur dasar di IKN dimulai oleh Kementerian PUPR sejak September 2022, mencakup konektivitas, penyediaan air baku, sanitasi, dan kantor-kantor pemerintahan di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP). Pembangunan ini dianggap sebagai modal utama untuk membangun kepercayaan publik dan menarik investor ke IKN.

“Beberapa waktu lalu sudah dilakukan empat seri groundbreaking oleh Presiden Joko Widodo. Misalnya gedung perkantoran, rumah sakit, dan hotel. Kami juga menyambut baik proses audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) untuk memastikan bahwa seluruh kegiatan di IKN dilaksanakan dengan tata kelola yang baik,” tambah Basuki.

Ketua Satgas (Kasatgas) Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN, Danis Sumadilaga, menyatakan bahwa pembangunan IKN terbagi menjadi dua batch hingga akhir tahun 2024. Batch 1, dengan 40 paket pekerjaan, telah mencapai progres fisik sebesar 74,87 persen, sedangkan Batch 2 dengan 49 paket pekerjaan mencapai progres 24 persen. Total anggaran yang dialokasikan untuk 89 paket ini mencapai Rp. 68,57 Triliun.

“Dalam konteks persiapan pelaksanaan upacara 17 Agustus di kawasan IKN, hampir semua infrastrukturnya masuk Batch 1. Misalnya, Gedung Kantor Presiden, Istana Negara dan Lapangan Upacara sudah mencapai 56,37 persen. Sementara Kantor Presiden sendiri sudah mencapai 74,94 persen,” ungkap Danis Sumadilaga.

Pembangunan jalan tol sebagai akses utama menuju IKN juga telah berjalan pada tiga seksi, dengan progres masing-masing: Seksi 3A Karangjoang-KKT Kariangau sepanjang 13,4 km mencapai 70,9 persen, Seksi 3B KKT Kariangau-Simpang Tempadung sepanjang 7,3 km mencapai 70 persen, dan Seksi 5A Simpang Tempadung-Jembatan Pulau Balang sepanjang 6,7 km mencapai progres 77,8 persen.

“Di samping batch 1 juga sedang on-going batch 2. Salah satu yang cukup strategis, kita sedang menyiapkan pembangunan 47 tower hunian untuk ASN, TNI, dan Polri. Khusus untuk persiapan Upacara 17 Agustus 2024, Insya Allah pada bulan Juli 2024 mendatang, 12 tower hunian selesai dan dilengkapi furniture untuk langsung digunakan,” jelas Danis Sumadilaga.

Sebagai informasi tambahan, sebelumnya, Basuki Hadimuljono mendampingi Anggota IV Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Haerul Saleh meninjau progres pembangunan infrastruktur dasar IKN Nusantara di Kalimantan Timur, khususnya di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP). Kunjungan kerja ini dilakukan dalam rangka Audit BPK dan melibatkan berbagai lokasi strategis seperti Kota Balikpapan, Jalan Tol Akses IKN, Jembatan Pulau Balang, Bandara VVIP IKN Nusantara, Kantor Presiden, Lapangan Upacara, tower hunian ASN, dan Bendungan Sepaku Semoi.

Comments are closed.