Jakpro Sebut JIS Dukung Peran Jakarta Sebagai Kota Global

JAKARTA, businessnews.co.id – Direktur Utama PT Jakarta Propertindo (Perseroda) atau Jakpro, Iwan Takwin, menyatakan bahwa Jakarta International Stadium (JIS) telah dirancang sebagai kawasan pembangunan berkelanjutan untuk mendukung peran Jakarta sebagai kota global.

“Hal ini mengacu kepada Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 14 Tahun 2019 tentang Kawasan Olahraga Terpadu Jakarta International Stadium (JIS) yang mana Jakpro ditugaskan untuk membangun dan mengelola,” kata Iwan di Jakarta, Senin (5/2/2024).

Iwan menjelaskan bahwa sejak awal perencanaan, JIS telah direncanakan sebagai simpul kawasan pertumbuhan kesejahteraan dan ekonomi baru di wilayah utara Jakarta.

Dia menyoroti transformasi kawasan tersebut dari lahan kosong yang sebelumnya sering dimanfaatkan sebagai tempat pembuangan sampah dan pengolahan barang-barang rongsokan oleh masyarakat sekitar.

Direktur Utama Jakpro menekankan bahwa kehadiran JIS bukan hanya sebagai sarana olahraga, melainkan juga sebagai bagian dari regenerasi warga kota atau urban regeneration serta menjadi simbol penataan kawasan yang berkelanjutan.

“Kalau di selatan ada Gelora Bung Karno (GBK) maka di utara terdapat JIS,” ujar Iwan.

Lebih lanjut, Iwan menyebut bahwa JIS akan terintegrasi dengan angkutan publik, termasuk halte TransJakarta, stasiun kereta api, dan LRT Jakarta.

Kawasan ini juga akan dilengkapi dengan fasilitas komersial, hotel, dan bangunan pendukung lainnya untuk mendukung peran JIS sebagai kawasan olahraga terpadu.

Dalam rencana induk atau masterplan, Iwan mengungkapkan bahwa sudah ada tahapan-tahapan yang mendukung JIS sebagai kawasan olahraga terpadu. Berbagai kegiatan internasional telah sukses dilaksanakan di JIS.

Masterplan-nya tidak hanya fasilitas yang berstandar internasional tetapi pola kegiatan yang terbentuk di JIS juga akan berstandar internasional,” jelas Iwan.

Iwan Takwin menegaskan bahwa Jakpro tidak hanya fokus pada aktivitas olahraga semata, melainkan juga pada aspek edukasi. Hal ini bertujuan agar masyarakat memiliki pemahaman bahwa JIS sebagai kawasan olahraga terpadu dengan fasilitas pendukungnya di sekitar bertujuan mendukung Jakarta sebagai kota global.

Comments are closed.