Hadapi Tantangan dan Potensi Teknologi, Kominfo Siapkan Visi Indonesia Digital 2045

JAKARTA, businessnews.co.id –  Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika Nezar Patria mengumumkan perumusan Visi Indonesia Digital 2045 sebagai langkah penggabungan arah kebijakan, sinergi, dan regulasi untuk optimalisasi potensi teknologi di Indonesia.

“Visi tersebut menguraikan pencapaian dasar dari implementasi peta jalan digital Indonesia. VID juga menghimpun berbagai masukan dari pemangku kepentingan terkait dalam menyusun arah kebijakan, strategi, dan kerangka regulasi yang diperlukan,” kata Nezar dalam rilis pers yang diterima, Rabu (29/11).

Menurut Nezar, kemajuan teknologi secara global telah memberikan dampak signifikan pada perekonomian, dengan ekonomi digital yang menyumbang lebih dari 15 persen pendapatan domestik bruto dunia. Dia juga menyoroti bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia dapat meningkat signifikan, mencapai antara 5,4 hingga 6,2 persen pada 2045 berkat transformasi digital.

Namun, Nezar juga menegaskan bahwa terdapat tantangan besar seperti disrupsi teknologi, kesenjangan digital, dan keamanan siber. Untuk mengatasi hal ini, Wamenkominfo mendorong kerja sama kolaboratif yang mendorong inovasi dan solusi yang saling menguntungkan.

Nezar juga mengapresiasi peran sektor swasta dalam mewujudkan masa depan digital Indonesia. Dia menyoroti nota kesepahaman antara Kementerian Kominfo dan Huawei tentang 14 solusi di sektor teknologi informasi dan komunikasi sebagai bukti keterlibatan dalam mempercepat transformasi digital Indonesia.

Dalam pandangannya, Nezar berharap bahwa meskipun ada tantangan, potensi teknologi digital tidak akan menghalangi pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan di era digital. Dia mengajak untuk terus memperkuat kolaborasi guna mewujudkan Indonesia yang lebih terkoneksi, maju, dan digital di masa mendatang.

Comments are closed.