NCC 2024

Menteri Perhubungan Yakin Kereta Cepat Jakarta-Bandung Aman untuk Dijajal oleh PM China

Jakarta, businessnews.co.id – Perdana Menteri China, Li Qiang,telah dijadwalkan menguji Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) dengan didampingi oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan, pada Rabu (06/09/23).

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, telah memastikan bahwa KCJB aman untuk diuji oleh Perdana Menteri China, meskipun sertifikat izin operasionalnya belum diterbitkan.

“Justru uji coba dipakai untuk mengeluarkan sertifikat, memang belum ada izin operasi tapi secara prinsip kami melihat kereta ini excellent bahkan di atas ekspektasi kita. (Kereta Cepat) Aman, aman (dipakai PM China),” ungkap Budi kepada awak media, Rabu (06/09/23).

Sebelumnya, Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rosan Roeslani, menyatakan bahwa waktu uji coba KCJB oleh Luhut dan Li Qiang masih dalam tahap penentuan, tetapi kemungkinan besar akan dilakukan pada sore hari.

“Waktunya kurang lebih sore hari, tentatif. Waktunya akan ditentukan lebih mendalam lagi,” ucap Roeslan.

Sebelumnya, diketahui bahwa Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, Risal Wasal, juga telah mengumumkan bahwa KCJB akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 1 Oktober 2023.

Sebelum acara peresmian, Risal juga menyebut bahwa Luhut dan Li Qiang awalnya dijadwalkan untuk menguji KCJB pada tanggal 8 September 2023.

Comments are closed.