NCC 2024

Kontroversi Al-Zaytun, Menag Pastikan Hak Santri Terpenuhi

Jakarta, Businessnews.co.id – Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas, mengungkapkan bahwa saat ini penanganan kontroversi terkait Pesantren Al-Zaytun berada di bawah koordinasi Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam).

“Koordinasi utama dalam penanganan ini berada di tangan Pak Menkopolhukam (Mahfud MD). Kami akan menerima penugasan yang diberikan kepada kami sebagaimana adanya,” ungkap Yaqut Cholil Qoumas di kutip dari laman resmi Kementerian Agama, pada Kamis (27/7/2023).

Yaqut menjelaskan bahwa saat ini sedang berlangsung proses hukum terkait Pesantren Al-Zaytun. Oleh karena itu, diperlukan kewaspadaan dalam menanganinya.

Namun, dalam hal pesantren, Kementerian Agama akan fokus pada aspek pemenuhan hak belajar para santri. “Ketika berbicara tentang pesantren ini, yang terpenting bagi Kementerian Agama adalah hak para santri dan siswa di sana untuk terus belajar,” kata Menteri Agama.

“Kami akan menjaga hal tersebut. Segala hal lain berada di luar lingkup Kementerian Agama. Kami akan memusatkan perhatian pada hak-hak para santri dan siswa di Al-Zaytun agar mereka tetap memiliki hak untuk belajar,” tambahnya.

Comments are closed.