NCC 2024

Menkeu Tegaskan Isu Perubahan Iklim Jadi Prioritas Strategi Pembangunan Indonesia

Jakarta, Businessnews.co.idDalam diskusi panel Center for Global Development (CGD) bersama Jin Liqun (President and Chair of the Board of Directors, Asian Infrastructure Investment Bank) yang dipandu oleh Masood Ahmed (President CGD). Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menegaskan bahwa isu perubahan iklim menjadi prioritas dalam strategi pembangunan Indonesia.

Dalam acara yang merupakan rangkaian kunjungan kerja di Washington DC tersebut, Menkeu berdiskusi mengenai hubungan antara negara-negara berpendapatan menengah dengan institusi MDB (Multilateral Development Bank (MDB) untuk bisa mendukung mitigasi perubahan iklim dan strategi pembangunan masing-masing negara.

Seperti banyak negara berkembang lainnya, Indonesia punya hubungan cukup panjang dengan MDB, termasuk salah satunya Asian Infrastructure Investment Bank (AIIB). Namun, krisis perubahan iklim membuat sejumlah negara lebih berfokus untuk memitigasi dampak isu tersebut terhadap lingkungan dan mengejar Green Growth dengan cara mengurangi kemiskinan, memastikan inklusi sosial, kelestarian lingkungan, dan efisiensi sumber daya.

Pada kesempatan tersebut, Menkeu mengatakan saat ini pemerintah terus berupaya mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan, rendah karbon, serta resisten terhadap dampak perubahan iklim.

“Oleh karenanya, isu perubahan iklim harus kita masukkan sebagai inti dari kerangka kerja sama dan strategi kemitraan dengan MDB. Tanpa kepedulian kita terhadap lingkungan, target pertumbuhan ekonomi dan pengentasan kemiskinan tentunya akan jauh lebih sulit untuk diwujudkan”, ujarnya dikutip dari laman resmi BUMN.

Comments are closed.