NCC 2024

Chrome Mendapatkan Mode Hemat Memori dan Energi

Jakarta, BusiessNews Indonesia- Google hari ini mengumumkan dua pengaturan kinerja baru di browser Chrome-nya: Penghemat Memori dan Penghemat Energi seperti yang dilansir dari techcrunch.com pada Sabtu (10/12).

Chrome yang menggunakan beberapa gigabyte memori pengguna dapat dengan cepat memperlambat mesin  jika pengguna menggunakan mesin dengan spesifikasi lebih rendah. Mode Penghemat Memori berjanji untuk mengurangi penggunaan memori Chrome hingga 30% dengan mengalihkan tab yang tidak aktif ke mode sleep.

Tab hanya akan dimuat ulang saat pengguna membutuhkannya lagi. Mode Penghemat Energi, sementara itu, membatasi aktivitas latar belakang dan efek visual untuk situs dengan animasi dan video saat level baterai laptop pengguna turun di bawah 20%.

Fitur-fitur tersebut sekarang diluncurkan dengan rilis Chrome 108 dan akan tersedia secara global untuk Windows, macOS, dan ChromeOS dalam beberapa minggu mendatang.

Pengumuman Google datang sehari setelah Microsoft mengumumkan bahwa Edge Browser-nya menidurkan 1,38 miliar tab pada bulan September saja. Menurut Microsoft, menidurkan tab di Edge biasanya menghemat 83% dari memori yang biasanya ditempati.

Perusahaan meluncurkan versinya dari fitur-fitur ini, yang dapat secara otomatis mematikan tab setelah lima menit tidak aktif (dan dapat menurunkannya hingga 30 detik tidak aktif), beberapa tahun yang lalu dan kemudian sekali lagi memperbaikinya dengan rilis Edge 100 awal tahun ini.

Edge juga dilengkapi dengan mode permainan, yang secara otomatis dapat mengurangi penggunaan CPU ketika mendeteksi bahwa pengguna sedang bermain game di PC pengguna. (DAF)

Baca Juga: Twitter Sebut Bug Keamanan Android Berikan Akses Ke Pesan Langsung

Baca Juga: Meta Uji Platform Live Streaming Bagi Influencer Bernama Super

Baca Juga: Intip Serunya Menginap di Vega Hotel Gading Serpong

Baca Juga: YouTube Sedang Uji Cara Baru Bagi Pembuat Konten Terpilih Untuk Promosikan Konten Mereka

Baca Juga: Ketua MPR RI Resmikan Kantor Penambangan Kripto Terbesar Di Indonesia

Baca Juga: Apple Luncurkan IPhone 14 Dan IPhone 14 Plus

Comments are closed.