Human Capital Sucofindo Ciptakan Cultur Inovatif, Siap Capai Target Top 5 Asia Pasifik

Jakarta, BusinessNews Indonesia  PT Sucofindo (Persero) mengikuti penjurian Human Capital & Performance Award 2022, yang diselenggarakan Majalah BusinessNews Indonesia. Dalam acara tersebut, Sucofindo  tampil sebagai peserta penjurian yang diselenggarakan secara virtual pada Senin (29/11).

Sucofindo terus berproses menuju perusahaan yang bertaraf dunia dalam bidang layanan Testing, Inspection and Certification (TIC) pada 2024. Untuk mempercepat terwujudnya tujuan itu, lima strategi human capital ini menjadi tumpuan dasarnya.

Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) Sucofindo, Johanes Nanang Marjianto mengatakan bahwa saat ini Sucofindo tengah mempersiapkan talenta-talenta tangguh untuk mempercepat transformasi dan afirmasi perusahaan dalam mewujudkan misi dan visinya.

“Sucofindo terus melakukan penguatan dan peningkatan sumber daya manusia (SDM) agar lebih tangguh untuk mencapai visi misi perusahan. Saat ini Sucofino memiliki cita-cita untuk menciptakan talent factory agar insan Sucofindo dapat menjadi direksi di berbagai BUMN dan memiliki brand image yang baik,” ungkap Johanes Nanang Marjianto dalam proses penjurian menuju acara puncak Human Capital & Performance Award 2022 yang diselenggarakan Majalah BusinessNews Indonesia, Jakarta, (29/11).

Dalam proses presentasinya yang berjudul “Creating Leaders and Innovator to Accelerate Corporate Global Business Strategy”, Nanang Marjianto dibantu oleh Senior Manager Human Capital Sucofindo, Zulfikar Aspa.

Dalam rangka mewujudkan cita-citanya “Menjadi perusahaan kelas dunia yang kompetitif, andal, dan terpercaya di bidang inspeksi, pengujian, sertifikasi, konsultansi, dan pelatihan”. Juga “Bersama-sama Holding BUMN Jasa Survey: Menjadi Lima Besar TIC Company Asia Pasifik pada tahun 2024”, Sucofindo melakukan unleash talent sebagai rencana strategis untuk mewujudkan visi perusahaan tersebut.

Hal itu tersimpulkan dalam program Peta Jalan SDM (people roadmap) Sucofindo, yakni Kepemimpinan Transformasional (1), Inovasi Budaya & Ketahanan ( Resilience) (2), SDM yang memiliki kompetensi dan kinerja yang tinggi (3), Proses-Organisasi yang mengedepankan kemajuan digital (4), dan Struktur-Desain Organisasi yang lincah atau Agile (5).

“Sucofindo memberikan kesempatan yang seluas-luasnya agar seluruh insan Sucofinndo menempati posisi-posisi strategis. Kami membuka secara terbuka jenjang karier karyawan,” lanjutnya.

Pemaparan program Peta Jalan SDM (people roadmap) Sucofindo
Pemaparan program Peta Jalan SDM (people roadmap) Sucofindo

Hal senada disampaikan oleh Senior Manager Human Capital Sucofindo, Zulfikar Aspa bahwa kelima Peta Jalan SDM (people roadmap) Sucofindo ini dapat membuat SDM bergerak secara keseluruhan.

Roadmap Sucofindo sangat selaras dengan roadmap Holding yang inti tujuannya untuk menciptakan talenta yang terdepan dalam Berkontribusi dan Bertumbuh sehingga mampu Berinovasi dan Berkolaborasi di Industri TIC Global,” ujar Zulfikar.

Pada tahapan ini, pola pengkaderan talenta muda “unggul” melalui management trainee menjadi hal pokok yang dilakukan perusahaan. Kemudian fokus pengembangan kepemimpinan pada talenta “Unggul” dan “Berhasil”, karena pola kepemimpinan ini menjadi salah satu dasar pertimbangan utama karier pegawai.

Adapun program kepemimpinan ini berjalan secara berjanjang, terintergrasi dengan kompetensi eksekutif KBUMN. Sebab ini menjadi strategi retensi pegawai khususnya talenta “Unggul” sebagai suksesi kepemimpinan di masa yang akan datang.

“Kami memiliki program beasiswa sebagai bentuk komitmen Sucofindo dalam meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Program beasiswa itu adalah beasiswa S2 di universitas terkemuka di China, S2 di universitas dalam negeri dan studi keinsinyuran profesional, serta short course dalam dan luar negeri,” tambah Johanes Nanang Marjianto.

Tak hanya itu, untuk meningkatkan kompetensi digital talent, Sucofindo memberikan program kunjungan ke perusahaan digital dan universitas di Singapura melalui Inovation Award Sucofindo.

Johanes Nanang Marjianto, juga menambahkan dalam upaya mengelola talenta karyawan, Sucofindo memiliki program pelatihan dan kaderisasi melalui Sucofindo Center for Learning and Development (SCLD). Program ini mampu meningkatkan efektivitas pembelajaran dalam meningkatkan kompetensi pegawai.

Salah satu strategi pembelajaran yang dilakukan oleh SCLD adalah dengan mengoptimalkan e-Learning. E-Learning adalah proses belajar mengajar yang memanfaatkan teknologi informasi sebagai sarana yang efektif dan memperluas pengetahuan.

Sebagai informasi, Human Capital & Performance Award 2022 diadakan oleh Majalah BusinessNews Indonesia dan bekerjasama dengan Forum Human Capital Indonesia (FHCI), CEO Forum, Human Capital Institute – USA, serta para pakar dan profesional bidang Human Capital, Strategic Management, ICT, Riset & Inovasi konsultan HC dari Universitas Indonesia (UI), Universitas Bina Nusantara (BINUS), Universitas Pertamina dan lainnya.

Ajang yang bertajuk “Human Capital Digital Transformation for Corporate Excellence” ini bertujuan mendorong prestasi dan kinerja perusahaan untuk mengembangkan transformasi human capital diintegrasikan dengan transformasi digital dalam pengembangan, pengelolaan, pembelajaran serta inovasi guna menciptakan talenta BUMN yang unggul, profesional dan berkualitas global.

Turut hadir selaku dewan juri Human Capital & Performance Award 2022 diantaranya Dr. Eddy Iskandar, B.Eng, MSc.,Ir. Rukmi Hadihartini, MM.,F. Harry Sampurno, PhD.,Dr. Ir. Elfien Goentoro, MBA.,Ir. Irnanda Laksanawan, MSc.Eng(MBM), PhD.

Comments are closed.