NCC 2024

Ciptakan Kultur Tempat Kerja Terbaik, Begini Kunci Strategi Human Capital PT KAI

Jakarta, BusinesNews Indonesia  PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) Persero mengikuti penjurian Human Capital & Performance Award 2022, yang diselenggarakan Majalah BusinessNews Indonesia. Dalam acara tersebut, KAI tampil sebagai peserta penjurian yang diselenggarakan secara virtual pada Senin (21/11).

Strategi dan kebijakan PT Kereta Api Indonesia (KAI) Persero dalam menghadapi tantangan globalisasi, dijawab dengan pengembangan layanan digitalisasi. Hal tersebut dibuktikan dengan keberhasilan KAI untuk bertahan dan terus maju pada masa pandemi COVID-19.

Berbagai langkah telah dan terus perseroan lakukan untuk winning pandemic dan tetap melayani masyarakat seperti pengembangan mobile ticketing yang saat ini diimplementasikan pada KAI Access.

Meski mendapat kemerosotan pendapatan saat masa Pandemi. Namun, PT KAI tetap mengedepankan pelayanan untuk kenyamann pelanggan sehingga saat ini PT KAI mampu bangkit dan terus melakukan transformasi pada sektor bisnisnya.

Tantangan Human Capital PT KAI
Tantangan Human Capital PT KAI

Keberhasilan PT KAI tersebut tercermina melalui lima strategi utama untuk mencapai ketahanan dan pemulihan.

  1. Protect the People

Melindungi semua pegawai KAI serta pelanggan dengan menciptakan lingkungan kerja dan angkutan penumpang sesuai protokol kesehatan serta tidak melakukan PHK kepada Karyawan.

  1. Maintaining Liquidity & Solvency

Dengan melakukan pengendalian arus kas secara ketat. Adanya dana PEN sebesar Rp 3.5 Triliun sangat signifikan dalam membantu likuiditas dan solvabilitas perusahaan.

  1. Efficiency through Cost reduction & Reprioritization

Efisiensi, reprioritisasi anggaran dan pengurangan biaya, dengan fokus mengalokasikan dana untuk membiayai core activities yang penting bagi kelangsungan operasional perusahaan, program penanggulangan pandemi, dan penugasan strategis.

  1. Optimizing Revenue Streams

mengoptimalkan sumber-sumber pendapatan untuk mengatasi penurunan pendapatan yang sangat signifikan dari angkutan penumpang selama pandemi, misalnya peningkatan angkutan batubara, angkutan komoditas, dan optimalisasi asset.

  1. Stakeholder Management

Menjalin kerja sama dan komunikasi yang harmonis dengan para stakeholder agar tercipta suasana kerja yang aman, kondusif dan nyaman.

Strategi tersebut tidak lepas dari peran Human Capital perusahaan untuk mengelola Sumber Daya Manusia (SDM) di PT KAI secara efektif.

“Kami di Human Capital memiliki visi, yaitu KAI Grup sebagai tempat bekerja terbaik ( The Best Place to Work ) yang mendorong terciptanya pelayanan pelanggan excellent dan inovasi untuk mendukung pertumbuhan usaha yang sehat dan berkelanjutan,”ungkap Corporate Deputy Director of Personnel Care, Control & Development PT KAI, Ida Hidayati pada penjurian Human Capital & Performance Award 2022, Senin (21/11).

Untuk menjalankan proses bisnisnya, KAI akan terus berinovasi dan berusaha menjadi perusahaan yang dapat menyediakan sistem transportasi yang aman serta efisien bagi masyarakat Indonesia.

Selain itu, transformasi bisnis KAI diharapkan dapat menjadi solusi integrasi antar moda transportasi sehingga infrastruktur transportasi massal lebih menjangkau banyak kalangan. Hal tersebut dilakukan guna mendukung kemajuan pembangunan infrastruktur transportasi di Indonesia.

Sebagai informasi, Human Capital & Performance Award 2022 diadakan oleh Majalah BusinessNews Indonesia dan bekerjasama dengan Forum Human Capital Indonesia (FHCI), CEO Forum, Human Capital Institute – USA, serta para pakar dan profesional bidang Human Capital, Strategic Management, ICT, Riset & Inovasi konsultan HC dari Universitas Indonesia (UI), Universitas Bina Nusantara (BINUS), Universitas Pertamina dan lainnya.

Ajang yang bertajuk “Human Capital Digital Transformation for Corporate Excellence” ini bertujuan mendorong prestasi dan kinerja perusahaan untuk mengembangkan transformasi human capital diintegrasikan dengan transformasi digital dalam pengembangan, pengelolaan, pembelajaran serta inovasi guna menciptakan talenta BUMN yang unggul, profesional dan berkualitas global.

Turut hadir selaku dewan juri Human Capital & Performance Award 2022 diantaranya Dr. Eddy Iskandar, B.Eng, MSc.,Ir. Rukmi Hadihartini, MM.,Ir. Achmad Purwono, MBA.,Ir. Ashwin Sasongko, MSc, PhD.

 

Comments are closed.