NCC 2024

Presiden Tinjau Penyaluran BLT BBM di Lampung

Jakarta, Businessnews Indonesia – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) kembali meninjau langsung penyerahan bantuan langsung tunai (BLT) pengalihan subsidi bahan bakar minyak (BBM). Setelah Provinsi Papua dan Provinsi Maluku, pada Sabtu, 3 September 2022 Presiden Jokowi mengunjungi Kantor Pos Bandar Lampung.

Usai dibagikan perdana di Provinsi Papua, BLT BBM akan disalurkan serentak di seluruh Indonesia mulai pekan depan.

“Hari ini sudah mulai dilakukan penyaluran BLT BBM di Lampung dan ini akan terus berlangsung. Mulai minggu depan akan bergerak di semua kabupaten,” kata Presiden Joko Widodo (Jokowi), di sela pembagian BLT BBM di Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung seperti dilansir laman resmi Kementerian BUMN, Senin (5/9/2022).

Presiden optimistis penyaluran BLT BBM kepada 20,65 juta keluarga penerima manfaat (KPM) akan berjalan lancar dan sesuai target. Terlebih pada penyaluran kali ini kembali dilakukan oleh PT Pos Indonesia (Persero) yang telah berpengalaman membagikan bansos sebelumnya.

“Saya lihat tadi sudah jalan, utamanya sistemnya sudah berjalan dengan baik. Tapi memang karena jumlah yang dibagikan cukup banyak mungkin tidak akan 100 persen benar, pasti ada yang tidak sesuai juga,” kata Presiden Jokowi.

PT Pos Indonesia (Persero) dalam penyaluran BLT BBM akan semaksimal mungkin mencapai target penyaluran dalam dua minggu. Berbagai penyempurnaan dalam metode penyaluran pun siap dilakukan.

“Kami ada pengalaman dan mendapatkan feedback dari masyarakat dan Kementerian Sosial pada penyaluran sebelumnya. Itu menjadi bagian dari penyempurnaan penyaluran,” kata Direktur Bisnis Jaringan dan Layanan Keuangan PT Pos Indonesia (Persero) Tonggo Marbun.

Tonggo berharap penyaluran BLT BBM ini akan tepat waktu dan tepat sasaran sehingga dapat membantu meningkatkan daya beli masyarakat.

“Mudah-mudahan apa yang dilakukan oleh PT Pos dapat membantu negara secara khusus, dalam konteks penyaluran bansos tepat sasaran ke seluruh masyarakat,” ucapnya.

Sebelumnya, penyaluran BLT BBM telah dilakukan di Jayapura, Provinsi Papua, dan Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku. Pemerintah memutuskan untuk menyalurkan bansos tambahan kepada masyarakat untuk meningkatkan daya beli akibat tendensi berbagai macam kenaikan harga di tengah ancaman krisis global, sekaligus  mengantisipasi dampak kenaikan harga BBM.

Pemerintah pusat mengalokasikan dana Rp12,4 triliun untuk memberikan bantuan langsung tunai kepada 20,65 juta KPM. BLT BBM akan diberikan selama empat bulan senilai Rp150 ribu per bulan. Tahap awal dibayarkan sekaligus untuk dua bulan sebesar Rp300 ribu.

Pada penyaluran BLT BBM di Kota Bandar Lampung, warga tampak antusias. Kegembiraan tersirat di wajah mereka. Salah satunya, Esti. Warga kelurahan Enggal ini sehari-hari berprofesi sebagai pedagang es.

Comments are closed.