Jokowi Ungkap Masa Transisi Covid-19 Menuju Endemi di Indonesia Berlangsung 6 Bulan

Businessnews Indonesia – Presiden Joko Widodo mengatakan masa transisi pandemi Covid-19 menuju endemi akan berlangsung selama enam bulan. Masa transisi tersebut akan digunakan untuk menentukan kebijakan selanjutnya.

“Ini masih ada transisi, kira-kira enam bulan. Kita lihat seperti apa,” ujar Jokowi usai meninjau Sirkuit Formula E di kawasan Ancol, Jakarta Utara, Senin (25/4).

“Baru nanti (jika kondisi memungkinkan) silahkan kalau di luar ruangan buka masker. Kalau di dalam tetap masih pakai masker,” jelasnya.

Jokowi juga mengatakan, memang pada saat ini kasus Covid-19 sudah landai. Baca juga: Jokowi dan Anies Tinjau Pembangunan Sirkuit Formula E Sehingga kegiatan mudik sudah diperbolehkan karena melihat angka kasus harian sudah sangat rendah. Sementara, di sisi lain kasus aktif Covid-19 sudah di bawah 20.000.

Baca Juga :  Erick Thohir Nilai Mudik Gratis Jadi Solusi Atasi Kepadatan Lalu Lintas

Meski begitu, Kepala Negara menegaskan masa transisi tetap harus dilakukan secara hati-hati Menurutnya, pemerintah Indonesia tidak ingin langsung menerapkan kebijakan membuka masker sebagaimana halnya yang diterapkan di sejumlah negara.

“Saya tidak ingin kayak negara-negara lain, buka masker. Enggak,” terangnya.

“Ada tahapan-tahapan yang kita tidak perlu tergesa-gesa. Karena apapun kita punya pengalaman, saat Delta seperti apa, saat Omicron seperti apa, sehingga kehati-hatian, kewaspadaan tetap harus,” lanjutnya.

Baca Juga : Turunkan Emisi Global, PLN Siap Jaga Kelestarian Bumi

Comments are closed.