NCC 2024

Mandalika Tingkatkan Wisatawan, PLN Dukung Kelistrikan Sektor Pariwisata

Businessnews Indonesia – Sejumlah event internasional yang terselenggara di Mandalika telah membangkitkan industri pariwisata Lombok. Banyak wisatawan yang datang ke Lombok untuk melihat langsung para pembalap mengaspal di Sirkuit Mandalika, baik dalam event World Superbike yang telah selesai, tes pramusim MotoGP yang sedang berlangsung. Termasuk race MotoGP Maret mendatang.

Desa Sukarara di Lombok Tengah, salah satu yang merasakan dampak positif itu. Sandy, local guide di sentra kerajinan tenun Sukarara mengungkapkan event di Mandalika membuat tingkat kunjungan meningkat tajam.

Baca Juga : PLN Berhasil Jaga Pasokan Listrik Tes Pramusim MotoGP Mandalika

Mengantisipasi peningkatan kunjungan wisawatan ini, PLN telah menyiapkan infrastruktur kelistrikan yang andal.

“Untuk kondisi kelistrikan di tempat kami sudah sangat cukup. Di sini sudah sangat memadai,” ucap Sandy, dikutip Senin, (14/02).

Senada dengan Sandy, Amaq Lia, pemandu dan pengelola Desa Sade mengungkapkan manfaat dari listrik bagi masyarakat desa adat sangat luar biasa.

Baca Juga : PLN IUD Jakarta Pastikan Keamanan Listrik Formula E

“Sebelum adanya listrik, ketika ada wisatawan datang berkunjung ke Sade, begitu uangnya tidak cukup untuk belanja (hasil kerajinan) kita repot. Jadi kadang-kadang tamu awalnya mau membeli akhirnya tidak jadi. Tapi setelah adanya listrik, ATM-nya tersedia. Jadi kalau tamu tidak bawa uang tunai, tidak kesulitan,” ujar Amaq Lia.

Ia menambahkan petugas PLN selalu sigap apabila terjadi gangguan. “Buat kami di Desa Sade dan masyarakat Sade, PLN terbaik,” katanya.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah NTB Sudjarwo mengatakan event yang digelar di Mandalika merupakan salah satu prioritas PLN. “PLN telah menyiapkan sistem kelistrikan yang terbaik untuk di Mandalika. Kami terus memohon doa dari seluruh masyarakat, agar seluruh event dapat berjalan dengan aman dan lancar,” pungkas Djarwo.

Comments are closed.