NCC 2024

Erick Thohir Targetkan 10 Persen Kursi Bos BUMN Diisi Milenial

BusinessNews Indonesia – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menjelaskan kementerian BUMN terus mengembangkan berbagai program leadership untuk mendorong porsi kepemimpinan muda di perusahaan pelat merah. Hingga 2023, Erick ingin 10 persen kursi direksi BUMN diisi oleh kelompok milenial.

“Tidak mungkin kalau tidak ada continue leadership. Maka kita mendorong target 5 persen kepemimpinan anak muda pada tahun ini dan 2023 menjadi 10 persen,” ungkap Erick dalam acara pembukaan Hari Pers Nasional, Senin, (7/2).

Erick menyebut dalam beberapa tahun terakhir, Kementerian BUMN memilih anak-anak muda berbakat untuk mulai mengisi posisi direksi di perusahaan pelat merah. Mereka bahkan berasal dari perusahaan-perusahaan swasta.

Erick mencontohkan Fajrin Rasyid yang didapuk menjadi Direktur Digital Business Telkom Indonesia. Milenial berusia 35 tahun ini dulunya adalah pendiri platform Bukalapak. Ada pula Soleh Ayubi. Soleh 38 tahun), didapuk menjadi Direktur Transformasi dan Digital PT Bio Farma (Persero) Tbk.

Baca Juga : Erick Thohir Sebut BUMN Harus Jadi Teman Inovator Lokal

Erick berpendapat, keterlibatan anak-anak muda penting untuk membangun ekosistem digital di perusahaan pelat merah. “Diharapkan ke depan dalam membangun ekosistem ini, kita mampu me-manage ego sektoral,” ujar Erick.

Selain melibatkan anak-anak muda secara langsung di perusahaan pelat merah, Erick melihat perlunya ada kolaborasi antara BUMN dan pihak-pihak lain untuk membangun generasi yang lebih melek digital.

Melalui program magang mahasiswa bersertifikat, misalnya, Erick mengatakan sejak 2020 BUMN telah bekerja sama dengan kampus-kampus untuk menyaring talenta muda.

Baca Juga : Erick Tohir Bentuk Satgas Tanggap Bencana BUMN di 34 Provinsi

“Kami juga mendorong program pendidikan, kita kasih beasiswa kepada 7.700 mahasiswa agar melek teknologi serta memberikan sertifikasi kompetensi guru,” pungkas Erick.

(TN)

Comments are closed.