NCC 2024

Erick Thohir Dorong BUMN Sejahterakan Petani, Ini Strateginya!

BusinessNews Indonesia – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menginginkan perusahaan pelat merah turut menyejahterakan masyarakat, terutama kalangan petani dengan cara membangun ekosistem dari hulu hingga hilir untuk berbagai komoditas.

“BUMN ini adalah sepertiga ekonomi Indonesia. Kalau jadi menara gading, enak dilihat nggak enak dipegang. Tapi jadi kapal induk untuk bangun keseimbangan ekonomi,” ucap Erick dalam acara PMO Launching Kopi Nusantara dan Pelepasan Ekspor Kopi PT PPI di Lampung, Minggu (30/1).

Baca Juga : Erick Thohir Dorong Kolaborasi Mobil Listrik Unila dengan PT Pindad

Erick menjelaskan ekosistem berhasil kalau petani sejahtera. Dalam konteks komoditas kopi, Erick bilang 96% produksi kopi dihasilkan petani.

Baca Juga : Erick Thohir Tegaskan BUMN Harus Sejahterakan Masyarakat!

Situasi itu berbeda dengan komoditas kelapa sawit yang mana 60% sudah dipegang oleh perusahaan swasta.

Selain itu, untuk menyejahterakan petani, Erick bilang butuh dukungan dari pihak pemerintah daerah, kementerian lainnya, hingga pihak swasta. Mulai dari penyediaan bibit, permodalan, hingga pembeli hasil tanam.

“Memang mau nanam-nanam saja. Off taker dibeli yang beli swasta dan BUMN. Dibantu eksportir. Tapi harus ada kepastian,” terangnya.

Baca Juga : Erick Thohir Tegaskan BUMN Harus Sejahterakan Masyarakat!

Dalam pilot project yang sudah dibangun Kementerian BUMN, ada 50 ribu petani yang sudah masuk binaan jadi ekosistem Mari Kita Majukan Usaha Rakyat (Makmur). Ini adalah program ekosistem yang memberikan kemudahan bagi petani.

(TN)

Comments are closed.