NCC 2024

Ekonomi RI Terus Tumbuh, Erick Thohir Imbau Harus Berpihak Pada Bangsa!

BusinessNews Indonesia – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menjelaskan ekonomi Indonesia akan terus tumbuh konsisten. Oleh karena itu, dia mengajak semua pihak untuk berkolaborasi bersama berkontribusi untuk Indonesia.

“Jangan takut, Indonesia secara ekonomi akan terus tumbuh sampai 2045, jadi apa yang dimarahin, apa yang dipusingin, apa yang dituduh-tuduhin, orang tumbuh sampai 2045,” ucap Erick dalam HUT Perkumpulan Rumah Sakit Husada Kamis (27/1).

Dia berharap semua pihak bersama-sama membangun Indonesia dan tidak terjadi perpecahan. Dia mencontohkan negara lain yang ekonominya minus saja, seperti Jepang, tidak pecah.

“Artinya kita sampai 2045 tumbuh tinggal memastikan bagaimana kita punya keberpihakan lebih kepada bangsa kita,” ujarnya.

Sebelumnya, Laporan World Economic Outlook (WEO) International Monetary Fund (IMF) edisi Januari 2022, di Kawasan ASEAN-5, pertumbuhan ekonomi diperkirakan berada dalam tren meningkat. Dalam periode 2021-2023, Indonesia diramalkan akan bertumbuh kuat.

Baca Juga : ID Food dan Bulog Saling Melengkapi, Erick Thohir : Petani dan Nelayan Makmur!

“Sebesar 3,3 persen (2021), 5,6 persen (2022), dan 6,0 persen (2023),” dikutip dari keterangan tertulis Kementerian Keuangan Rabu,(26/1).

Dalam laporan WEO Januari 2022 tersebut,IMF juga memberikan beberapa rekomendasi penguatan kerangka kebijakan yang komprehensif untuk negara-negara, yaitu memperkuat kebijakan di sektor kesehatan, termasuk pemerataan vaksin serta perubahan kebijakan moneter yang harus didukung dengan komunikasi yang efektif. 

Baca Juga : Kementerian BUMN Diminta Tegur Serikat Pekerja Pertamina Bersatu

Selain itu, rekomendasi lainnya adalah memperkuat posisi dan kesinambungan fiskal, memperkuat kerja sama internasional, dan melanjutkan reformasi struktural dan kebijakan perubahan iklim. (TN)

Comments are closed.