NCC 2024

Erick Thohir Sebut Restrukturisasi Krakatau Steel Berjalan Sukses!

BusinessNews Indonesia – Proses restrukturisasi dan transformasi PT Krakatau Steel (persero) Tbk selama periode 2021 dinilai berhasil, hal tersebut disampaikan langsung oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir. Klaim tersebut didasarkan sederet capaian positif yang dicatatkan perusahaan sepanjang tahun 2021 lalu.

“Sampai dengan akhir tahun 2021 (Krakatau Steel) telah sukses menjalankan restrukturisasi dan transformasi,” ungkap Menteri BUMN dalam akun Instagram miliknya, pada Rabu (05/01).

Baca Juga : Erick Thohir Beberkan Capaian Kementerian BUMN Tahun 2021

Erick Thohir berpendapat, kesuksesan restrukturisasi membuat perseroan berhasil meraih rekor produksi hot roller coil (HRC) atau baja gulungan hitam dan cold roller coil (CRC) atau baja gulungan putih.

Dalam hal ini, Krakatau Steel dinilai telah membuktikan kinerja perseroan yang semakin efisien dan kompetitif.

Tak hanya itu, lanjutnya, perseroan juga mencapai beberapa inisiatif strategis, seperti pembangunan pabrik pengolahan Hot Strip Mill (HSM) kedua yang diresmikan Presiden Joko Widodo pada September 2021 dan peluncuran platform KRASmart marketplace pada Oktober 2021 lalu.

Baca Juga : DMO Batu Bara, Erick Thohir : Pemerintah Akan Perbaiki Kontrak!

“(peluncuran KRASmart) sebagai wujud transformasi digital BUMN di era 4.0,” tambahnya.

Selain itu, di sisi keuangan, Krakatau Steel juga mencatat kinerja ppositif dengan membayar kewajiban penyelesaian utang Tranche B kepada tiga bank BUMN yang tergabung dalam Himpunan Bank Milik Negara (Himbara), sebesar Rp2,7 triliun pada Desember 2021.

Selanjutnya, Erick meminta supaya transformasi perseroan bidang industri manufaktur ini terus dilanjutkan dan ditingkatkan untuk menambah daya saingnya kedepan dalam menghadapi serbuan berbagai produk baja dari luar negeri.

“Transformasi dan restrukturisasi Krakatau Steel akan terus berlanjut untuk peningkatan Kinerja yang lebih baik, untuk Krakatau Steel tangguh, Krakatau Steel untuk Indonesia,” pungkasnya. (TN)

Comments are closed.