NCC 2024

Lakukan Transisi Energi, Sri Mulyani Tantang Ini Ke Pertamina!

BusinessNews Indonesia – Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani secara tiba-tiba menantang Direktur Keuangan PT Pertamina Emma Sri Martini. Tantangan tersebut bertujuan agar perseroan melaporkan pembiayaan yang dilakukan saat melakukan transisi energi.

Tantangan ini perlu dilakukan agar adanya transparansi penggunaan anggaran. Sri Mulyani mengatakan, hal serupa telah dilakukan pemerintah. Dia menyebut, sejak 2016 pemerintah selalu terbuka mempublikasikan laporan anggaran yang digunakan untuk memitigasi perubahan iklim yang berasal dari APBN.

I will challenge Bu Ema sebagai CFO-nya. Can you do the budget tagging? How much actually you spend on your operational cost, investment cost, capital spending which is related to climate change? Sehingga kita bisa tahu,” ucapnya dalam Pertamina Energy Webinar, Selasa (7/12).

Baca Juga : Rencana Jangka Panjang,PT Pertamina Luncurkan Energy Outlook 2021!

Menurutnya, selama ini Pertamina belum pernah mempublikasikan atau merilis laporan keuangan untuk pembiayaan mitigasi dampak perubahan iklim. Oleh karena itu, ke depannya diharapkan perseroan dapat memaparkannya secara terbuka.

“Anggaran yang sudah dikeluarkan pemerintah untuk memitigasi dampak perubahan iklim sejak 2016 mencapai Rp 256,7 triliun. Ini hanya 23% dari kebutuhan biaya,” jelasnya

Karena itu, Sri Mulyani berharap Pertamina dapat turut membantu pemerintah. Sebab, anggaran dari APBN saja tidak akan cukup untuk memitigasi perubahan iklim, terutama melakukan transisi energi guna mencapai komitmen pemerintah menurunkan emisi 41% di 2030.

“Fokus kita transisi ekonomi yang bertanggung jawab dan adil. Mereka yang memproduksi CO2 harus bertanggung jawab lebih besar, harus membayar lebih besar,” pungkasnya. (TN)

Baca Juga : Komitmen Menjaga Ketahanan dan Kedaulatan Energi, Pertamina Tunjukkan Prestasi Mendunia

Comments are closed.