NCC 2024

Perluas Target Pasar, PT Pupuk Indonesia Energi Berganti Nama ?

Jakarta, BusinessNews Indonesia –PT Pupuk Indonesia Energi (PI Energi), salah satu anak usaha PT Pupuk Indonesia (Persero), telah resmi mengganti nama menjadi Pupuk Indonesia Utilitas (PI Utilitas).

Direktur Utama Pupuk Indonesia Utilitas, Agus Subekti mengatakan, pergantian ini akan mengukuhkan posisi Pupuk Indonesia Utilitas sebagai one stop utility provider, yaitu klaster utilitas yang didedikasikan untuk menunjang salah satu dari tiga komponen utama pabrik pupuk, yaitu pabrik utilitas (listrik, steam, air dan nitrogen), pabrik urea dan pabrik amoniak.

​“Sehingga terminologi utilitas jauh lebih familiar dan melengkapi kebutuhan industri pupuk,” ucap Agus dalam keterangan tertulis, Kamis (2/12).

Agus menambahkan jika ruang lingkup bisnis utilitas tentu jauh lebih luas dibandingkan bisnis energi. Agus juga menegaskan bahwa energi merupakan bagian dari utilitas. Menurunya, ultitas bisa berupa energi, listrik, uap (steam), air proses hingga air utilitas dan udara instrumen.

​“Itu semua dibutuhkan oleh pabrik pupuk,” katanya.

Baca Juga : Pupuk Indonesia Raih 2 Penghargaan Agricultural

Selain perubahan nama, Rebranding untuk menjadi turning point transformasi bisnis, juga dilakukan terhadap Anggaran Dasar (AD) maupun Anggaran Rumah Tangga (ART) perusahaan. Tak hanya itu, logo dan mars perusahaan juga berubah secara resmi pada hari ini.

Nantinya, PI Utilitas akan membangun pabrik pengolahan udara dengan estimasi commercial operation date pada akhir 2023. Direncanakan memproduksi gas industri dengan produk nitrogen dan oksigen untuk menjangkau industri di luar grup Pupuk Indonesia.

Direktur Utama Pupuk Indonesia, Bakir Pasaman menyatakan bahwa nama Pupuk Indonesia Utilitas ini merupakan salah satu inisiatif strategis sebagai salah satu bentuk dari upaya restrukturisasi dan pengembangan anak usaha Pupuk Indonesia Group.

“Kami berharap dengan pergantian nama ini, Pupuk Indonesia Utiltas memiliki keberanian dan kreativitas untuk merambah bisnis-bisnis lain di luar bisnis energi yang saat ini dijalani,” ucap Bakir.

Baca Juga : Pupuk Indonesia Raih Platinum di Ajang ASRRAT 2021

Pupuk Indonesia Utilitas merupakan perusahaan dengan kepemilikan saham holding Pupuk Indonesia sebesar 60 persen. Kemudian, produsen pupuk anak usaha Pupuk Indonesia seperti Pupuk Kalimantan Timur, Pupuk Kujang Cikampek, Pupuk Sriwidjaja Palembang, Pupuk Iskandar Muda, hingga Petrokimia Gresik, ketiga komponen utama tersebut telah menjadi bagian integral ke dalam pabrik. (TN)

Comments are closed.