NCC 2024

Apkasi dan Apeksi Sinergi, Berharap Kepentingan Daerah Didukung Penuh Pemerintah Pusat

BusinessNews Indonesia – Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) dan Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) sepakat bersinergi dalam menyelesaikan tugas-tugas yang ada di daerah mereka masing-masing. Dan berharap dalam prosesnya pemerintah pusat mendukung penuh program-program itu, terlebih yang berkaitan dengan kepentingan pusat.

Itu disambut bangga oleh Ketua Umum Apkasi Sutan Riska dalam dialog di acara HUT Apkasi ke -21 yang diadakan secara sederhana dengan menerapkan protokol kesehatan di di kantor Sekretariat Apkasi Jakarta, Senin (31/05/2021).

“Saya setuju dengan Kang Bima selaku Ketua Apeksi yang bilang bahwa kalau Apkasi dan Apeksi sudah bersinergi, selesailah urusan kita di daerah masing-masing,” ujarnya bersemangat.

Sutan juga mengatakan bahwa isu-isu strategis terkait dengan pelaksanaan Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD), One Single Submission (OSS), Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) dan masalah-masalah penting lainnya yang dihadapi di daerah akan menjadi rekomendasi bersama Apkasi dan Apeksi untuk disampaikan ke pemerintah pusat, baik melalui kementerian terkait maupun langsung kepada Presiden.

“Karena Apkasi dan Apeksi sudah satu suara, maka diharapkan aspirasi kita ini akan didengar oleh pusat,” tamba Sutan.

Ketua Apeksi Arya Bima Sugiarto dengan mantab pun menegaskan dalam rapat koordinasi dengan Apkasi beberapa hari sebelum HUT ke 21 bahwa sinergi Apkasi-Apeksi ke depan harus lebih ditingkatkan.

Baca juga: HUT Ke-21 Tahun, Apkasi Komitmen Pulihkan Ekonomi Nasional

“Memang kalau kita bersama satu suara, rasanya tidak mungkin tidak didengar. Apeksi saja merepresentasikan 70 juta populasi penduduk di Indonesia dengan sekitar Rp 200 trilun APBD, ditambah Apkasi, sisanya 200 juta penduduk di tanah air ini dengan lebih besar lagi APBD-nya,” tutur Walikota Bogor ini.

Arya Bima melanjutkan bahwa suara daerah ingin didengar itu bukan karena kepentingan kepala daerah saja, tapi ada konstituen dan ada kebaikan di situ. Ia menambahkan.

Baca juga: APKASI-Kemendagri Siap Saling Bantu Menyukseskan Kegiatan Masing-Masing

“Seringkali kita sebagai kepala daerah ini ujungnya seolah-olah disudutkan, kurang ini kurang itu, sementara tanggungjawab kita berat dan penghasilan kita terbatas. Namun perlu dipahami bahwa kita tentu saja tidak sedang menolak kebijakan pusat, karena yang namanya UU pemerintahan daerah ini kita khan sami’na wa atho’na, kita ini menjadi bagian dari pemerintah pusat.”

Arya Bima berharap dengan jalur komunikasi Apkasi-Apeksi ini yang sedang dibangun ini menjadi salah satu alternatif dalam kita menyuarakan aspirasi daerah ke pusat. “Kita bisa sepakati bersama untuk meningkatkan intensitas pertemuan baik di Jakarta maupun di beberapa daerah dengan melakukan kegiatan bersama,” tambahnya lagi. (ed.AS/businessnews.co.id/rilis).

Comments are closed.