NCC 2024

Indonesia Bangun Industri Ramah Lingkungan Terbesar Dunia Tahun Ini

Jakarta, BusinessNews Indonesia Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi, menuturkan bahwa tahun ini Indonesia akan membangun proyek industri ramah lingkungan terbesar di dunia.

Proyek tersebut adalah pembangkit hydropower yang nantinya akan berlokasi di Kalimantan Utara.

“Kita harap groundbreaking bisa dilakukan tahun ini dan di situ ada 11 ribu megawatt yang akan bisa kita gunakan.” tutur Luhut, dikutip dari Republika (9/5).

Nantinya, kata dia, proyek seluas industri 12.500 hektare ini akan menjadi contoh dalam pengembangan industri terintegrasi berbasis net zero emission.

Baca juga:

LPI Akan Evaluasi Investasi Sektor Energi Baru Terbarukan

PLN Targetkan Hingga 2025 ada 52 PLTU Gunakan Biomassa

Hal ini sesuai dengan target pemerintah bahwasanya pada 2060 nanti Indonesia bisa net zero emission. Target itu, imbuhnya, akan dicapai secara perlahan dengan terus mengurangi ketergantungan terhadap sumber bahan bakar fosil.

“Hal ini tidak mungkin dicapai apabila kita masih tergantung dengan energi fosil. Oleh karena itu, upaya keras untuk melakukan transisi dari energi fosil menjadi energi baru terbarukan (EBT) jadi prioritas kita.” imbuhnya.

Luhut juga menjelaskan bahwa seluruh dunia kini sudah memulai membangun industri yang ramah lingkungan. Ketika melihat potensi EBT Indonesia, kata dia, maka harus mampu menjadi sumber pembangunan energi hijau.

“Dengan sumber EBT yang berlebihan, termasuk dari sektor kemaritiman. Pemerintah berkomitmen untuk memanfaatkannya guna melistriki industri produk hijau yang tengah kita kembangkan di berbagai daerah di Indonesia.” pungkasnya. (W/ZA)

Baca juga: Erick Thohir Resmikan PT Pertamina International Shipping sebagai Subholding Shipping Pertamina

Comments are closed.