Andorid 12 Hadirkan Fitur Izin Pencabutan Otomatis, Paksa Aplikasi Lama Hibernasi

Jakarta, BusinessNews Indonesia Perkembangan perangkat operasi terus menyuguhkan berbagai fitur baru yang membantu optimalisasi perangkat para penggunanya. Dikabarkan, baru-baru ini ada pengembangan sebuah fitur baru berupa ‘izin pencabutan otomatis’ dari Andorid 11 ke Android 12.

Fitur ini nantinya akan secara otomatis menarik izin aplikasi ketika tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama. Ketika pengguna tidak menggunakan aplikasi dalam jangka waktu beberapa bulan, maka secara otomatis izin yang diberikan pada aplikasi tersebut akan dicabut.

Baca juga: OJK Catat Penyaluran Pinjaman Hingga Februari Naik 36 Persen Lebih

Berdasarkan  informasi dari XDA-Developers, dikatakan bahwa fitur tersebut akan terus diperluas pada Android 12. Dilansir dari GSMArena, Selasa (20/4), melalui kehadiran fitur hibernasi otomatis baru ini (yang berhasil diaktifkan oleh XDA) maka akan mencabut izin yang diberikan ke suatu aplikasi. Selain itu, OS secara otomatis akan menempatkan aplikasi dalam keadaan hibernasi dan menghapus file sementara yang terkait dengan aplikasi tersebut.

Keuntungannya, melalui fitur ini maka akan membantu pengguna mengosongkan ruang penyimpanan perangkat yang tersedia, tergantung aplikasi yang sedang hibernasi.

Dikutip dari republika (21/4) fitur baru itu terlihat pada build Android 12 yang bocor ke publik. Meski demikian, belum jelas apakah fitur tersebut akan muncul dalam Developer Preview of Beta build dari versi baru Android ataupun tidak. (W/ZA)

Baca juga: Kerjasama Bilateral, Indonesia Bahas Adopsi Teknologi 5G dengan Uni Eropa

Comments are closed.