NCC 2024

Cina Tambah Anggaran Pertahanan Dalam Enam Tahun Berturut-Turut

BusinessNews Indonesia – Pada tahun anggaran 2021, terpantau Beijing kembali menaikan anggaran belanja pertahanan sebesar 6,8 persen dibanding tahun sebelumnya. Terhitung, Cina sudah menaikkan anggaran pertahanannya selama enam tahun berturut-turut

Pada tahun ini, Cina menganggarkan pada sektor pertahanannya sebesar 1,35 triliun yuan atau sekitar 209 miliar dolar AS. Anggaran tersebut ketika dibanding anggaran pertahanan AS yang mencapai 740,5 miliar dolar AS pada tahun fiskal 2021 maka jumlahnya baru sekitar seperempatnya.

Seperti diketahui, sebagai negara ekonomi terbesar kedua dan jumlah penduduk terbanyak di dunia maka pengeluaran pertahanan per kapita China pada tahun 2021 diperkirakan kurang dari 1.000 yuan.

Seperti dikutip dari Republika (6/3), China menggunakan mekanisme alokasi fiskal dan pengelolaan anggaran yang sangat ketat untuk belanja di sektor pertahanan, terutama dalam pengalokasian pelatihan personel dan pemeliharaan peralatan.

Baca juga: BSI Tawarkan Berbagai Kemudahan Miliki Perumahan

Sementara Sidang Tahunan Kongres Rakyat Nasional China (NPC) yang dibuka di Balai Agung Rakyat, Beijing, Jumat pagi (5/3) diawali dengan laporan tahunan kinerja pemerintah yang disampaikan Perdana Menteri Li Keqiang.

Terpantau, Presiden Xi Jinping turut menghadiri sidang yang diikuti oleh 2.953 anggota parlemen pusat, perwakilan daerah dan utusan kelompok etnis minoritas dan agama. Sidang Tahunan Majelis Permusyawaratan Politik China (CPPCC) di tempat yang sama pun telah digelar sehari sebelumnya oleh Ketua CPPCC sekaligus anggota Komite Tetap Biro Politik Komite Sentral Partai Komunis China (CPC), Wang Yang.(W/ZA)

Baca juga: KKP Kembangkan Stelina Demi Dorong Ekspor Perikanan

Comments are closed.