NCC 2024

Pemerintah Akan Sertifikasi 111 Pulau Kecil dan Terluar

BusinessNews Indonesia – Pemerintah melalui Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) berencana untuk melakukan sertifikasi terhadap 111 pulau kecil dan terluar di Indonesia.

Asnawati, Direktur Pengendalian Hak Tanah, Alih Fungsi Lahan, Kepulauan dan Wilayah Tertentu Kementerian ATR/BPN menuturkan bahwa sertifikasi pada 111 pulau kecil dan terluar tersebut telah sesuai dengan Keppres No. 6/2017.

Sertifikasi tersebut dilakukan dengan tujuan untuk mengantisipasi klaim kepemilikan pulau oleh warga negara asing atau negara lain seperti yang sudah-sudah.

“Pada 16 Februari lalu kami mengadakan FGD (Focus Group Discussion) membahas tindak lanjut 111 pulau-pulau kecil terluar ini. Ada rencana untuk melakukan kegiatan sertifikasi di pulau-pulau kecil terluar,” kata dia, dikutip dari Bisnis.com (23/2).

Berdasarkan keterangannya, yang dimaksud pulau kecil adalah pulau yang luasnya kurang dari atau sama dengan 2.000 km persegi. Selain itu, pihaknya akan turut melakukan sertifikasi pada pulau terluar.

Sertifikasi dilakukan selain mengantisipasi klaim sepihak pihak asing, pulau kecil dan pulau terluar turut berpotensi besar dari aspek pertahanan, kedaulatan negara, maupun aspek sumber daya alam sehingga sangat diperlukan upaya proteksi khusus dari pemerintah.

“Kita tahu pulau-pulau kecil terluar merupakan wilayah sangat strategis karena berbatasan atau paling dekat dengan negara luar, dan pulau-pulau itu mempunyai arti yang strategis sebagai titik dasar penentuan batas wilayah negara dengan negara luar atau satu zona pertahanan keamanan,” terang dia.

Baca juga: Diterpa Triple Shocks, Pertamina Hulu Energi Lakukan Enam Proyek Pengembangan

Dalam keterangannya, ia turut berharap agar sertifikasi pulau kecil dan pulau terluar dapat berjalan mudah dan efisien tanpa adanya egosektoral karena melibatkan berbagai sektor.

“Kami menuangkannya dalam juknis yang masih digodok, dalam waktu dekat insyaallah akan rampung juknisnya,” tutupnya. (W/ZA)

Baca juga: Optimalkan Transaksi, Pertamina Kembangkan Aplikasi MyPertamina

Comments are closed.