NCC 2024

Jokowi Ingatkan Penegak Hukum untuk Tegas Pada Pelanggar Prokes

BusinessNews Indonesia – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan penegak hukum agar tegas dalam menerapkan disiplin protokol kesehatan ditegakkan secara tegas. Secara khusus, Presiden Jokowi menyatakan bahwa aparat harus berani dalam mengambil tindakan terhadap para pelanggar karena keselamatan rakyat merupakan hukum yang tertinggi di tengah pandemi ini.

“Saya memerintahkan Kapolri, Panglima TNI, dan Ketua Satgas untuk menindak tegas pelanggar pembatasan yang ditetapkan,” tulis Jokowi di akun Twitternya, Senin (16/11).

Jokowi menekankan jangan sekadar imbauan, tapi harus dengan pengawasan dan penegakan aturan secara tegas di lapangan. Menurutnya, kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah dalam menegakkan aturan sangat penting agar langkah pengendalian pandemi benar-benar berjalan secara efektif.

“Kepada Menteri Dalam Negeri saya minta mengingatkan, kalau perlu menegur, kepala daerah baik gubernur, bupati, maupun wali kota agar memberikan contoh yang baik kepada masyarakat, jangan malah ikut berkerumun.” Tegasnya.

Jokowi turut mengatakan bahwa angka kasus aktif dan kesembuhan Covid-19 di Indonesia menunjukkan perbaikan. Maka jangan sampai rusak kembali karena tak ada tindakan hukum yang tegas di lapangan.

“Jangan sampai perjuangan dan pengorbanan para dokter, perawat, tenaga medis, paramedis dalam menangani dan merawat pasien Covid-19 menjadi sia-sia karena pemerintah tidak bertindak tegas untuk kegiatan yang bertentangan dengan protokol kesehatan dan peraturan-peraturan yang ada.” tambahnya

Cuitan Presiden Jokowi direspons oleh ribuan netizen pengguna twitter. Salah satunya politisi Partai Demokrat, Benny K. Harman. Menurutnya, andai saja pemerintah telah tegas sejak awal dalam penegakan hukum, maka dampak Covid-19 tidak separah saat ini.

“Senang sekali mendengar sikap tegas Bapa Presiden menegakkan hukum guna mendisiplinkan masyarakat patuh pada protokol Covid. Kalo dari awal sikap tegas ini diambil, saya yakin dampak Covid tidak separah yang kita alami sekarang. Rakyat Monitor!,” demikian cuit Benny lewat akun @BennyHarmanID. (ZA)

Comments are closed.