Sunday, April 18, 2021
Home News Global News Pembaruan Android 12 Bocor, Dinilai Miliki Kesamaan dengan Milik Apple

Pembaruan Android 12 Bocor, Dinilai Miliki Kesamaan dengan Milik Apple

BusinessNews Indonesia – Beberapa waktu lalu Apple telah memperkenalkan indikator privasi dalam iOS-nya yang akan memberitahu pengguna ketika mikrofon atau kamera ponsel miliknya sedang diakses pihak lain. Tampaknya, hal tersebut membuat Google mempertimbangkan langkah untuk menerapkan sistem operasi serupa pada Android miliknya.

Dilansir Republika (11/2), Ubergizmo melaporkan dari Pengembang XDA, bahwasanya tangkapan layar yang dari pembaruan Android 12 milik Google yang rencananya akan dirilis telah tersebar luas.

Tangkapan layar tersebut memberi gambaran sekilas mengenai fitur baru apa yang mungkin akan didapatkan dari pembaruan tersebut. Ternyata, salah satunya adalah indikator terkait privasi yang dinilai serupa dengan yang pernah dilihat didalam iOS.

Dalam iOS, terdapat indikator titik berwarna di bilah status setiap kali kamera atau mikrofon digunakan oleh suatu aplikasi secara langsung. Google pun diperkirakan ingin menerapkan fitur serupa untuk Android 12 milik mereka.

Baca juga: Pesaing Tesla Akan Melakukan IPO Akhir Tahun Ini

Disamping itu, pembeda dari iOS adalah, untuk Android sepertinya Google akan memberikan pengguna lebih banyak konteks. Pengguna dapat mengetuk dan mengaturnya untuk memunculkan lebih banyak informasi. Seperti aplikasi apa yang sedang mengakses mikrofon dan kamera atau aplikasi apa yang telah mengakses salah satu fitur tersebut baru-baru ini. (W/ZA)

Baca juga: Aplikasi Warung Pangan Merambah Di Jawa Tengah, Yogyakarta dan Jawa Timur

Most Popular