NCC 2024

Menkes: Kasus Harian Covid-19 Mulai Melandai

Businessnews Indonesia – Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin mengatakan, tren kasus Covid-19 harian dan keterisian rumah sakit di Indonesia kini sudah mulai melandai. Covid-19 di beberapa provinsi sudah terjadi penurunan jumlah penularan.

“Hasil review pekan lalu secara nasional, tren kasus dan hospitalisasi harian sudah mulai melandai,” kata Budi dalam konferensi pers secara daring, Minggu (27/2/2022).

Penurunan terjadi di DKI Jakarta, Bali, Banten, Maluku, Papua, NTB dalam tiga pekan berturut-turut. Beberapa provinsi lainnya yang sudah mulai menurun, tapi masih harus dilihat konsistensi dalam dua pekan ke depan, di antaranya Provinsi Jawa Barat, Jawa Timur, dan Kalimantan Selatan.

Budi mengatakan, penurunan kasus di provinsi dengan populasi besar menyebabkan penurunan tingkat keterisian rumah sakit.

“Yang masuk rumah sakit dalam beberapa hari terakhir ini sudah terjadi penurunan disebabkan kontribusi provinsi-provinsi yang populasinya besar sudah menurun,” kata dia.

Tingkat keterisian rumah sakit di Jawa dan Bali selama merebaknya varian omikron mencapai 40-50 persen dibandingkan saat merebaknya varian delta. Begitu pula jumlah pasien yang meninggal mencapai 15 persen dibandingkan saat puncak delta.

“Yang meninggal di rumah sakit, kami lihat sekarang per harinya 250-an orang dibandingkan dengan puncak delta yang 2.000 orang per hari. Jadi, sekitar hampir 15 persennya dari puncaknya delta,” kata Budi. (AFZ)

Baca juga : Pertamina Kembangkan Teknologi Produksi Katalis FCC

Comments are closed.