Sunday, March 7, 2021
Home Life Style Kemenparekraf Buka Peluang Kerjasama dengan Grab Indonesia

Kemenparekraf Buka Peluang Kerjasama dengan Grab Indonesia

BusinessNews Indonesia – Dalam skema pengembangan lima destinasi super prioritas nasional, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif membuka peluang sejumlah kerja sama dengan perusahaan Grab Indonesia.

Menaprekraf, Sandiaga Uno, menjelaskan bahwa kerja sama dengan Grab dapat ditingkatkan untuk dapat menyiapkan platform pariwisata secara digital agar para wisatawan lebih mudah dan dapat memperoleh pengalaman baru dalam berwisata.

“Sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo bahwa satu tahun ini akan cukup berat. Jadi, kita fokus pada penyiapan lima destinasi super prioritas. Penyiapan ini bukan hanya infrastrukturnya atau transportasinya saja, tetapi juga pengalaman yang akan kita siapkan untuk para wisatawan,” kata Sandiaga seperti dikutip dari Republika (11/1).

Baca juga: BNI Tetap Penuhi Kebutuhan Transaksi Keuangan di Jawa-Bali saat PPKM

Di pihak lain, Ridzki Kramadibrata, President Grab Indonesia, menerangkan perihal potensi kerja sama yang akan ia sesuaikan dengan platform kerja sang menteri guna mengembangkan pariwisata dan ekonomi kreatif, yakni inovasi, adaptasi dan kolaborasi.

Inovasi yang akan dilakukan oleh Grab, kata dia, adalah pariwisata digital dengan layanan Grab Travel Pass yang akan diimplementasikan dalam setiap destinasi super prioritas, yaitu Labuan Bajo, Mandalika, Likupang, Borobudur dan Danau toba.

“Jadi dengan aplikasi tersebut wisatawan tidak hanya bisa order untuk mobilitasnya saja, tapi juga makanan, dan bahkan bisa untuk booking hotel, pesen tiket atraksi wisata, serta ada juga telemedicine. Kita sediakan layanan digital satu paket yang mencakup hal-hal tersebut,” terangnya.

Ridzki turut menjelaskan bahwa pihaknya juga telah menyiapkan sebanyak 5,000 unit EV Tourism. 5,000 unit EV Tourism adalah kendaraan listrik yang disiapkan guna mendukung aktivitas pariwisata yang ramah terhadap lingkungan.

Terkait dengan adaptasi kebiasaan baru, ia menegaskan bahwa Grab Indonesia akan mendukung sepenuhnya protokol kesehatan berbasis CHSE (Cleanliness, Health, Safety, and Environment Sustainability). (W/ZA)

Baca juga: Kemensos Ubah Skema Bansos 2021 Jadi lebih Produktif

1 COMMENT

Comments are closed.

Most Popular

Recent Comments