Gaikindo Targetkan Ekspor Mobil RI Capai 1 Juta Unit pada 2025

BusinessNews Indonesia ‐ Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menerangkan bahwa Indonesia akan melakukan ekspor mobil dalam bentuk utuh mencapai 1 juta unit pada 2025 mendatang. Tahun itu, menteri perindustrian turut menargetkan produksi mobil dalam negeri sebanyak 2 juta unit.

“Di tahun itu (2025) juga bisa melakukan ekspor 1 juta karena di tahun lalu kita sudah ekspor 330 ribu unit, kita tingkatkan tiga kali lipatnya bisa jadi satu juta unit di 2025,” tutur Sekjen Gaikindo, Kukuh Kumara.

Seperti dikutip dari CNN Indonesia (17/111) bahwasanya ekspor Indonesia dalam lima tahun terakhir mengalami pertumbuhan yang bagus. Data Gaikindo pada 2015 mencatatkan pengapalan mobil CBU dari Indonesia telah mencapai 207.691 unit, namun turun pada 2016 menjadi 194.395 unit.

Tahun ini kinerja ekspor mobil terganggu akibat pandemi Covid-19. Dari Januari hingga September 2020 jumlah ekspor mobil hanya berjumlah 155.258 unit.

Kukuh turut menuturkan bahwa pasar potensial ekspor mobil adalah negara tetangga, Australia. Australia hanya mengandalkan ketersediaan mobil melalui impor usai negara ini tidak memiliki satu pun produsen mobil dalam negeri.

“Kita ingin ekspor ke Australia, saat ini banyak dipasok dari negara-negara lain seperti Thailand. Kenapa enggak dari Indonesia? Ternyata Indonesia tidak punya produk yang bisa diterima di Australia. Ini yang perlu kami bicarakan dengan prinsipal. Secara geografis kita juga lebih dekat dan kita ini sudah mampu membuat itu,” tambahnya. (ZA)

Baca juga: YLKI: Mayoritas Konsumen Tak Baca Ketentuan Fintech

Comments are closed.