Sunday, November 28, 2021
HomeCorporate in ActionInspirasi Transformasi Digital UMKM Melalui iFortepreneur 4.0

Inspirasi Transformasi Digital UMKM Melalui iFortepreneur 4.0

-

BusinessNews Indonesia– Program iFortepreneur 4.0 persembahan iForte, telah memasuki babak baru. Dua belas finalis telah terpilih dan berhasil menyisihkan ratusan pendaftar dari berbagai pelosok Indonesia. Keduabelas finalis tersebut adalah Original Coffee (Banda Aceh), Krisbu (Jambi), Postiv.id (Jakarta), Genzy IFI Dry Food (Depok), Jamuin.id (Cianjur), Kafi (Bandung), Natakraf (Bandung), Kain Corak Alam Ecoprint (Magelang), Kebun Tani (Yogyakarta), Fish Gator (Surabaya), Teampal (Bali) dan Timur Mushroom Farm (Polewali Mandar).

Keduabelas finalis ini memiliki bisnis yang beragam. Profil keduabelas finalis iFortepreneur 4.0 adalah sebagai berikut:

  • Original Coffee, mengangkat industri kopi Gayo.
  • Krisbu, bergerak dalam bidang usaha makanan ringan yaitu kripik ampas tebu yang dibuat dari sisa olahan gula tebu.
  • Jamuin, menghadirkan minuman jamu tradisional yang dikemas dengan design yang modern (standing pouch) serta ditambah dengan rasa buah-buahan untuk menarik konsumen anak muda.
  • Natakraf, berfokus pada pengembangan dan eksplorasi vegan leather, biomaterial hasil olahan limbah sayur dan buah.
  • Kain Ecoprint Corak Alam, merupakan UMKM jenis kain corak alam yang ramah lingkungan dengan mengedepankan misi memberdayakan krearivitas ibu-ibu PKK Desa Paremono di Magelang.
  • Genzy IFI Dry Food, membantu orang-orang yang ingin hidup sehat namun tetap praktis dalam menyiapkan makanan tanpa perlu repot memikirkan nilai kalorinya.
  • Postiv.id, menawarkan konsep unik berupa jasa dan layanan pusat pembelian hadiah, pengemasan dan pengiriman hadiah.
  • Teampal, menerapkan sistem beternak secara online, meliputi bibit ternak, pakan, vitamin hingga hasil panen yang dikelola oleh mitra peternak di daerah rural.
  • KAFI, memproduksi pisau dengan nilai seni budaya Indonesia berstandar Internasional, memanfaatkan limbah logam dan kayu yang diolah oleh tangan-tangan pandai besi lokal.
  • Fish Gator, bergerak dalam bidang budidaya perikanan yang memberikan solusi monitoring manajemen kualitas air, manajemen pakan dan manajemen kendali limbah dengan menggunakan bantuan teknologi Internet of Things.
  • Timur Mushroom Farm, bergerak dalam bidang budidaya jamur dari daerah Sulawesi Barat, menghasilkan jenis jamur tiram baik jamur segar maupun yang telah diolah menjadi berbagai produk.
  • Kebun Tani, bergerak dalambidang pertanian hidroponik

Selanjutnya, kedua belas finalis iFortepreneur 4.0 memasuki tahap coaching dan mentoring. Setiap finalis mendapatkan satu orang mentor yang akan membimbing peserta dalam mempertajam konsep bisnis dan visi digitalisasi. Tercatat dua belas mentor yang akan berpartisipasi pada event iFortepreneur 4.0 tahun 2021 ini. Mereka adalah para professional dibidangnya yang memiliki komitmen berbagi pengalaman dan ilmu kepada finalis, sehingga setiap finalis akan lebih siap dalam konsep dan strategi digitalisasi sesuai dengan bisnis mereka masing – masing.

CEO & Presiden DirectorPT iForte Solusi Infotek, Aming Santoso menyampaikan, melalui program iFortepreneur 4.0, iForte dan juga Protelindo berharap dapat berpartisipasi dalam menciptakan persatuan serta semangat untuk berkarya bagi para UMKM di Indonesia. Mengingat, UMKM merupakan pilar terpenting dalam perekonomian Indonesia. iForte berharap program iForteprenuer 4.0 dapat bermanfaat dan membantu para pelaku UMKM Indonesia untuk mengangkat potensi usaha secara lebih maksimal dengan bertransformasi ke platform digital, agar bisnis mereka dapat tetap bertahan dan semakin berkembang.

Silvi Liswanda, Vice President Director Marketing and Sales iForte menambahkan, selain belajar bertransformasi secara digital, iFortepreneur 4.0 diharapkan dapat menjadi kebangkitan  nasionalisme bagi pelaku industri UMKM serta masyarakat Indonesia pada umumnya. Terlebih lagi di saat momentum peringatan Hari Pahlawan, para UMKM ini bisa menjadi inspirasi bagi masyarakat untuk tergerak membangun negeri dengan menggunakan dan mencintai produk buatan Indonesia.

Selain partisipasi dalam kemajuan UMKM, baru – baru ini  iForte juga menghasilkan karya video musik yang mengangkat nilai – nilai budaya Indonesia, yang mampu mengobarkan semangat persatuan dan kesatuan dengan menampilkan keanekaragaman adat istiadat dan budaya Indonesia, melalui musik, lagu, tarian daerah dari Sabang sampai Merauke. Video musik Sabang Merauke iForte, berisi medley 18 lagu daerah dan lagu Tanah Air ciptaan  Ibu Sud yang dinyanyikan oleh Kikan, Christine Tambunan, Alsant Nababan dan melibatkan client iForte dan Protelindo, karyawan iForte dan Protelindo serta perwakilan generasi muda dan pemain musik tradisional. (red)

Related articles

spot_img

Latest posts