Wednesday, August 4, 2021
Home Hot News! Presiden Dikabarkan Reshuffle Kabinet Hari Ini

Presiden Dikabarkan Reshuffle Kabinet Hari Ini

Jakarta, BusinessNews Indonesia – Reshuffle kabinet terbatas dikabarkan akan direncanakan hari Rabu Wage ini oleh Presiden Joko Widodo.

Hari Rabu sebagai hari keramat yang dipilih Jokowi untuk mengganti atau merotasi kabinet bukan pertama kali terjadi.

Dikutip dari Bisnis (28/4), reshuffle kabinet terbatas pada hari ini terkait dengan pengangkatan Menteri Investasi. Selain itu juga pengangkatan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud-Ristek) serta Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

Reshuffle ini dilakukan sebagai akibat dari adanya peleburan dan pembentukan kementerian/badan. Dikabarkan tidak ada pos lain yang dirombak dalam reshuffle ini.

Baca juga: Sri Mulyani Sebut Perekonomian Dengan Andil Perempuan Akan Tumbuh Lebih Tinggi

Dikabarkan, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal, Bahlil Lahadilia akan menjadi Menteri Investasi. Sementara Nadiem Anwar Makarim dikabarkan akan dilantik menjadi Mendikbud-Ristek.

Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) nantinya dikabarkan akan dipimpin Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Laksana Tri Handoko.

Seperti diketahui, Presiden Jokowi kerap kali mengumumkan reshuffle dan kebijakan penting di hari weton-nya pada hari Rabu. Seperti diketahui, pada periode pertama reshuffle dilakukan pada Rabu Pon, 12 Agustus 2015 dengan mengganti enam posisi menteri.

 Kemudian reshuffle kedua juga dilakukan pada Rabu Pon yang jatuh pada 27 Juli 2016. Saat itu, Jokowi merombak 13 posisi menteri. Reshuffle berikutnya dilakukan pada Rabu Pahing, 17 Januari 2018. Saat itu, mengganti Khofifah Indar Parawansa karena mundur dari jabatannya sebagai Menteri Sosial dan maju dalam Pilkada Jawa Timur.

Sementara itu, pada periode kedua pemerintahannya, Jokowi mengumumkan susunan menteri Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024 pun dilakukan pada Rabu Legi, 23 November 2019. Kemudian ia melakukan reshuffle pertama dan melantik enam menteri serta lima wakil menteri baru Kabinet Indonesia Maju dilakukan pada Rabu, 23 Desember 2020. (W/ZA)

Baca juga: Sandiaga Catat Kenaikan Kunjungan Wisatawan di Sejumlah Wilayah

Most Popular